Pemdes Tangga Baru Lakukan Pembentukan Pengurus Masjid Melalui Musyawarah

410
Rapat pembentukan pengurus masjid yang berlangsung di aula kantor Desa Tangga Baru, Kamis (27/5/2021).

BIMA, Warta NTB – Dalam rangka meningkatkan kemakmuran masjid, serta pelaksanaan ibadah, dan pengembangan fungsi masjid, Pemerintah Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima melaksanakan pembentukan pengurus masjid yang baru melalui musyawarah di Aula kantor desa setempat, Kamis (27/5/2021).

Pengurus takmir Masjid Al Hilal ini nantinya akan bekerja di Masjid, Mushola dan Langgar di setiap wilayah dusun atau RT yang ada di desa setempat.

Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid, S.Sos mengatakan, pentingnya pembentukan pengurus masjid yang baru, yakni untuk memperjelas legalitas karena sebelumnya belum memiliki Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT) dan akta notaris yang harus disampaikan ke pemerintah daerah supaya mendapatkan register.

“Oleh karena itu hari ini kami melakukan rapat pembentukan pengurus yang baru,” katanya.

Kades menjelaskan, berdasarkan musyawarah mufakat pengurus takmir masjid yang diputuskan, terdiri dari lima orang, yakni sebagai Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Kepala Seksi.

Kepada pengurus masjid yang baru, Kades berpesan agar tetap bermitra dengan pemerintah desa dan saling konfirmasi untuk peningkatan tempat ibadah baik pemeliharaan mesjid maupun pengembangan dan fungsi masjid agar dalam setiap pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Dia berharap kepada semua pengurus masjid yang baru menerima amanah agar selalu terlibat dalam setiap kegiatan sehingga segala kegiatan dan program kerja nantinya bisa berjalan sesuai dengan standar manajemen masjid, maka segala kegiatan dan pemeliharaan fisik masjid bisa terarah sesuai harapan dengan tujuan bersama.

“Semoga pengurus baru yang terbentuk dapat meningkatkan kemakmuran masjid, pelaksanaan ibadah, meningkatkan pembinaan, serta pengembangan dan fungsi masjid,” harapnya.

Hadir pada musyawarah ini para ketua RT/RW, Kepala Dusun, Sekretaris Desa, tokoh agama, karang taruna, tokoh masyarakat dan tokoh pendidik. (WR-Al)