Pemdes Parado Kuta, Kembangkan BUMdes Melalui Usaha Micro

773
Kepala Desa Parado Kuta Nasrullah, S.Pdi

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pemerintah Desa Kuta, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima mengembangkan usaha ekonomi micro.

Kepala Desa Kuta Nasrullah, S.Pdi yang ditemui wartawan di kantor desa, Rabu (30/12/2020) mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui usaha ekonomi micro yang dinaungi BUMDes.

Karena menurutnya, kata kunci keberhasilan untuk menguatkan ekonomi desa adalah dengan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan cara yang baik dan benar.

“Jika BUMDes mampu mengelola potensi ekonomi dan sumber daya dengan baik, maka kesejahteraan pasti tercapai. Saya yakin bahwa BUMDes adalah kunci dalam mempercepat peningkatan ekonomi dari desa,” kata Kades berjiwa muda ini.

Hal itu juga kata Nasrullah, sesuai dengan juknis yang ada dalam Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pemerintah tentang BUMDes Tahun 2020.

Nasrullah menyebutkan, untuk tahun 2020 Pemerintah Desa Kuta mengucurkan anggaran Rp 254 juta melalui BUMdes, sementara dalam penggunaan anggaran tersebut ada dua poin penting yang mengatur prioritas penggunaan (BUMdes), yakni untuk penguatan segala bentuk kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat seperti usaha micro kecil dan pengadaan bibit sapi.

“Maka, salah satu elemen penting dalam penguatan ekonomi desa yaitu mengembangkan BUMDes,” ujarnya.

Kades menambahkan, selain peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha micro juga yang tak kalah penting adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Peningkatan SDM tersebut didukung dengan berbagai kegiatan pelatihan yang dapat menggali segala potensi pemuda dan masyarakatnya lebih khusus di Desa Kuta,” tutupnya. (WR-Zal)