Raih Cuan, Inilah 5 Ide Jualan Bulan Puasa Ramadan 2023   

919

Bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu khususnya bagi umat muslim. Selain merupakan bulan yang penuh dengan peluang pahala berkali-kali lipat, bulan ini juga menjadi potensi bisnis yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai ide bisnis ramadan bisa Anda coba untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Banyak pengusaha yang menjadikan Ramadan sebagai momen bisnis yang cukup strategis. Hal ini karena banyak muslim yang ingin benar-benar menyiapkan yang terbaik untuk beribadah di bulan suci ini. Mulai dari makanan, peralatan sholat hingga persiapan lainnya diupayakan dengan sebaik mungkin.

Peluang Bisnis di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan di Indonesia cukup berpengaruh pada penjualan dan perilaku konsumen. Peluang bisnis bahkan terbuka lebar misalnya untuk kebutuhan pokok atau makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Kesempatan ini tentunya akan menjadi peluang yang menguntungkan.

Tidak hanya bagi yang sudah memiliki usaha, beberapa orang bahkan menjadi “pedagang dadakan” menjelang bulan suci umat Islam ini. Jika jeli memanfaatkan peluang dan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat maka bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan.

5 Ide Jualan Bulan Puasa Ramadan 2023

Beberapa produk dan makanan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berjualan di bulan Ramadan. Berikut ini 5 ide bisnis Ramadan yang bisa dicoba baik berjualan secara offline maupun online!

Snack Takjil

Menjelang berbuka puasa orang-orang biasanya mencari camilan atau menu untuk takjil. Bagi yang memiliki kesibukan seperti bekerja, membeli takjil lebih praktis daripada membuatnya sendiri. Selain itu juga bisa lebih hemat waktu. Peluang ini bisa menjadi kesempatan untuk berjualan menu takjil seperti kolak, sop buah dan lainnya.

Kurma

Ide jualan selanjutnya adalah berjualan kurma. Buah yang satu ini identik dengan takjil bulan Ramadan dan menjadi favorit. Selain merupakan sunnah Rasul kurma juga meneliti kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi bukan hanya sekedar enak dan manis tapi juga memberi dampak yang baik bagi tubuh.

Kue Kering

Salah satu keunikan budaya Ramadan di Indonesia adalah berkumpulnya sanak saudara apalagi akhir Ramadan menjelang lebaran. Kue kering hingga snack untuk takjil bisa menjadi ide bisnis di bulan Ramadan yang menguntungkan. Beberapa minggu sebelum lebaran banyak yang memesan snack dan kue kering untuk takjil atau hidangan lebaran.

Baju Lebaran

Selain makanan ide bisnis selanjutnya yang bisa Anda coba adalah berjualan baju atau aksesoris untuk lebaran. Lebaran merupakan momen spesial tentunya banyak yang ingin memakai baju terbaik saat lebaran. Mulai dari baju anak-anak hingga dewasa bisa jadi ide jualan yang menguntungkan tanpa khawatir produk kadaluarsa.

Hampers        

Ramadan dan lebaran merupakan momen yang dimanfaatkan untuk bersilaturahmi diantaranya dengan saling mengirimkan hampers kepada teman atau saudara. Bentuk hampers yang beragam bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa membuat hampers yang menarik dan diminati untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadan.

Dengan pesatnya pengguna internet, Anda bisa berjualan secara offline sekaligus online. Dengan demikian Anda bisa menjangkau konsumen yang lebih luas hingga luar kota. Salah satu platform yang bisa anda pilih untuk berjualan online adalah Blibli. Blibli merupakan e-commerce terpercaya yang didirikan mulai tahun 2010 oleh PT Global Digital Niaga.

Blibli menawarkan berbagai keuntungan bagi para pembeli diantaranya gratis ongkir, diskon serta kemudahan berbelanja. Customer care Blibli juga siap melayani jika terdapat kendala. Tak heran banyak yang memilih Blibli untuk berbelanja produk yang dibutuhkan.

Untuk membuka akun di e-commerce ini cukup siapkan informasi seperti nama, email aktif, password, nomor handphone serta nama toko yang akan didaftarkan. Berikut tahapan membuat akun seller Blibli:

  • Buka aplikasi atau kunjungi halaman resmi Blibli www.blibli.com
  • Klik pilihan “Jual di Blibli” yang ada pada bagian atas halaman
  • Pilih “Daftar sebagai Seller” saat muncul laman baru
  • Isi informasi yang sudah disiapkan sebelumnya ke masing-masing kolom
  • Klik Daftar

Itulah cara membuka toko online di Blibli dengan mendaftar sebagai seller. Jadi, jangan ragu untuk segera eksekusi ide bisnis Ramadan Anda dengan menjadi seller di Blibli!