Antisipasi Kebakaran, Pemdes Rabakodo Siagakan Damkar Mini

980

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di wilayah desa setempat, Pemerintah Desa Rabakodo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima melakukan pengadaan Damkar mini melalui Dana Desa Tahun 2021.

Damkar mini berupa satu unit sepeda motor berkapasitas mesin 250 cc ini telah dilengkapi dengan berbagai peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran dan akan disiagakan selama 24 jam untuk membantu masyarakat.

Sekretaris Desa Rabakodo Syamsuddin, S.Pd yang ditemui wartawan di kantor desa setempat, Kamis (27/5/2021) mengatakan, pengadaan satu unit sepeda motor pemadam kebakaran mini ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

“Pemerintah desa melakukan pengadaan Damkar mini ini sebagai alternatif dan langkah antisipasi ketika ada peristiwa kebakaran di Desa Rabakodo,” katanya.

Sekdes menjelaskan, pengadaan Damkar mini ini dialokasikan melalui Dana Desa Tahap I tahun 2021, yakni 40 persen. Selain itu kata Sekdes Damkar mini ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan pemadam kebakaran seperti pompa portabel, tangki air dan satu selang gulung.

“Keberadaan Damkar mini ini akan sangat membantu masyarakat ketika terjadi kebakaran dan tujuan kami juga adalah dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Ditambahkan Sekdes, Damkar mini wana merah ini siap terjun ke lapangan apabila terjadi musibah kebakaran yang terjadi di Desa Rabakodo.

“Desa Rabakodo adalah salah satu desa yang padat penduduk dan ketika ada musibah kebakaan Damkar mini siap beraksi memadamkan api sebagai langkah antisipasi sembari menunggu mobil Damkar dari Kecamatan dan Pemda,” ujarnya. (WR-Al)