Pelantikan Sejumlah Pengurus LKD Tangga Baru Digelar

341

BIMA, Warta NTB – Setelah masa jabatan pengurus LKD yang lama berakhir, Pemerintah Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah sejumlah pengurus baru Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) di Aula Kantor Desa, Jum,at (4/2/2022).

Acara pagi tersebut dihadiri Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid, S.Sos, Sekretaris Desa Rusdin, S.Pd, Ketua BPD Sulham, S.Pd dan Anggota, Camat Monta yang diwakili Sekretaris Abubakar, S.Sos, Tim Penggerak PKK, dan Masyarakat.

Pada acara pelantikan, Sekretaris Desa Tangga Baru bertindak membacakan surat keputusan Kepala Desa Tangga Baru Nomor 28 tahun 2021 tentang LKD periode 2022-2026.

Acara di lanjutkan dengan pelantikan yang pimpin Kepala Desa Tangga sekaligus pengambilan sumpah bagi pengurus LKD yang terdiri Ketua, Sekretaris dan Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Ketua, Sekretaris dan Anggota Karang Taruna, Ketua RT dan Ketua RW yang dilakukan secara bersama-sama.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) LKD Ismail dalam laporan menyampaikan, pelaksanaan LKD dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Anggaran tersebut, digunakan untuk pelaksanaan kegiatan mulai dari pembukaan hingga pelantikan.

“Secara umum pelaksanaan LKD mulai dari pembukaan pendaftaran hingga pelantikan berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang begitu berarti yang dihadapi oleh panitia selama pelaksanaan, semuanya berjalan lancar dan baik sesuai rencana,” katanya.

Pada kempatan itu, Ismail menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa dan pihak-pihak terkait lain yang ikut membantu terbentuknya pelaksanaan pengurus LKD hingga pelantikan.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar itu semua tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari masyarakat, BPD lebih khusus Pemerintah Desa Tangga Baru,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus LKD yang baru dan ucapan terimakasih atas kerjasama dan pengabdian untuk pengurus lama LKD yang berkontribusi dalam melaksanakan pelayanan masyarakat.

“Sejumlah pengurus baru LKD dilantik karena masa jabatan pengurus lama berakhir sesuai dengan prakarsa pemerintah desa dan masyarakat berdasarkan peraturan desa (Perdes),” jelasnya.

Kades menambahkan, dalam mensukseskan program kerja pemerintah desa tidak terlepas dari peran serta pengurus lembaga desa untuk membantu desa dalam mewujudkan visi dan misi selama 3-4 tahun kedepan.

“Sebab kami sebagai pemerintah tidak mungkin mampu mewujudkan visi misi untuk tetap berjalan dengan baik tampa dukungan semua pihak,” katanya.

Kades juga menyampaikan pesan, agar pengurus baru dapat memacu kualitas dan membangun budaya desa yang bermutu.

“Dengan demikian peran LKD akan dapat dirasakan manfaatnya untuk kemajuan Daerah dan Desa,” ingatnya.

Sementara Camat Monta yang diwakili Sekcam Abubakar dalam sambutannya berharap terbentuknya pengurus LKD yang baru mudah-mudahan memberikan dampak positif di setiap wilayah dusun Desa Tangga Baru.

“Mudah-mudahan pengurus baru ini dapat meningkatkan keberlanjutan kegiatan pembangunan, serta merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal untuk menunjukkan kepribadian sebagai masyarakat kecamatan monta yang martabat,” harapnya. (RED)