Yayasan Kesultanan Dompu Sukses Luncurkan Buku Lokal

465

DOMPU, Warta NTB – Kabupaten Dompu yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki karakter wilayah, adat-istiadat, potensi sumber daya alam dan manusia yang melekatkan pada budaya.

Oleh karena itu, Yayasan Kesultanan Dompu (YKD) di dalam upaya mewujudkan dan mengembangkan potensi daerah sukses meluncurkan beberapa buku lokal yang digelar Paruga Samakai, Dompu, Senin (9/8/2021).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Dompu, Kepala Dinas Dikbud, Bappeda, tokoh agama, Budayawan, Sejarahwan, Tokoh pendidik serta keturunan Sultan Dompu dan masyarakat.

Ketua YKD Saiful Islam melalui Tim perumus kegiatan Dr. Yudin Citriadin, M.Pd mengatakan, legiatan peluncuran buku lokal tersebut berjalan dengan sukses, bahkan Wakil Bupati Dompu menerima dengan senang dan gembira, serta mendukung semua kegiatan budaya baik di Dompu, nasional dan internasional supaya bidaya Dompu bisa dikenal masyarakat luas.

“Semua Buku lokal yang terbitkan oleh segi 8 Mataram dan Ruas jogja ini diambil oleh Bupati Dompu yang dipublis masing-masing 50 eksemplar,” katanya

Doktor menjelaskan, buku lokal merupakan konsep dan pemikiran membangun Dompu dan merupakan seri pertama digunakan untuk karakterisitk daerah serta sebagai upaya mewujudkan dan mengembangkan potensi daerah Dompu agar karakter wilayah, adat-istiadat, potensi sumber daya alam dan manusia yang melekatkan pada budaya Dompu dikenal oleh masyarakat luas.

“Dalam acara peluncuran buku kami juga mengisi dengan acara-acara lain seperti tarian tradisional dan acara tradisional Dompu lainnya serta Penyerahan buku lokal oleh ketua YKD, tim perumus dan panitia pada Wakil Bupati Dompu,” tutupnya. (WR-Al)