Kades Tente Terpilih Minta Pedagang Tidak Buang Sampah Sembarangan di Pasar Tente

634
Kepala Desa Tente terpilih, Azhar, SE menjau lokasi pembuangan sampah di Pasar Tente.

BIMA, Warta NTB – Menindaklanjuti beberapa keluhan warga dan pengunjung Pasar Tente Kecamatan Woha, Kabupaten Bima atas tumpukan sampah yang menimbulkan bau tak sedap, Kepala Desa Tente terpilih, Azhar, SE langsung bergerak meninjau lokasi pasar, Minggu (29/12/2019).

Pada saat meninjau lokasi, Azhar meminta kepada Kepala Pasar Tente untuk memberikan imbauan dan peringatan kepada para penjual di Pasar Tente untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Pemasangan papan tersebut bertujuan agar penjual dan masyarakat, tidak lagi membuang sampah sembarangan dan langsung membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Desa,” tegasnya..

Dijelaskan bahwa saat ini, Pasar Tente menjadi sasaran pembuangan sampah baik sampah organik maupun nonorganik oleh penjual dan warga setempat. Sehingga tumpukkan sampah yang bermacam-macam menjadi tontonan serta menimbulkan bau tak sedap bagi pengunjung.

“Saya mengimbau dan meminta pedagang pasar dan warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Kalau mau buang sampah buang di TPA yang telah disediakan pemerintah. Ini untuk menghindari bau akibat pembusukan dan tumpukan sampah yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan warga sekitar,” ujarnya.

Oleh karena itu, Azhar meminta Kepala Pasar agar terus memantau aktifitas penjual dan warga yang membuang sampah sembarangan di lokasi yang sudah dilarang. Jika ditemukan agar diarahkan ke lokasi tempat pembuangan akhir dan bila masih melanggar agar dipanggil, diberi peringatan dan diberi sanksi tegas.

“Tolong dipantau, disosialisasikan agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Ini dilakukan agar warga sadar dan peduli lingkungan. Harapan saya kepada Bupati Bima agar diberikan pembinaan kepada aparatur di Pasar Tente untuk lebih memperhatikan kebersihan pasar yang menjadi tanggung jawab mereka,” pintanya tegas. (WR-Man)