Safari Ramadhan di Desa Nggembe, Bupati dan Wakil Bupati Bima Serahkan Bantuan Rp 50 Juta

839
Pada momen safari ramadhan tersebut Bupati dan Wakil Bupati juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 50 juta dan kitab suci Al-Qur’an yang diterima Pengurus Masjid, penyerahan bantuan sembako untuk 50 orang panti jompo yang secara simbolis diterima oleh Camat Bolo Mardiana, SH.

BIMA, Warta NTB – Dalam rangka mengisi kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan 1440 hijriah, pemerintah Kabupaten Bima dalam hal ini Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Drs. H. Dahlan M. Noer akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di seluruh Masjid dan Musholla di 18 kecamatan se Kabupaten Bima.

Safari Ramadhan pertama dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Bima di Masjid Al-Mujahiddin, Desa Nggembe, Kecamatan Bolo, Selasa (7/5/2019) malam. Turut hadir bersama rombongan Staf Ahli, Para Assisten, Para Kepala Bagian Lingkup Setda Bima, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bima mengatakan, kegiatan safari ramadhan dilaksanakan dalam rangka mengikuti ajaran agama islam dimana pada bulan ini kita umat islam diwajibkan untuk melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya, selain kita melaksanakan ibadah wajib sholat 5 Waktu sehari semalam.

Bupati mengajak masyarakat agar dalam bulan suci ramadhan ini diisi dengan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dan mengerjakan sholat sehingga dari amalan tersebut  mendapat rahmat dan magfirah dari Allah SWT.

“Saya selaku kepala daerah berharap dengan adanya kegiatan safari ramadhan ini selain melaksanakan ibadah juga dalam rangka untuk mempererat silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat, sekaligus juga untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat dan perkembangan pembangunan dalam berbagai bidang,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, hal ini dikarenakan keberhasilan pembangunan tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh jajaran pemerintah, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa sampai ke tingkat dusun serta RT dan RW, agar selalu melibatkan masyarakat dalam setiap proses pembangunan secara berjenjang” ungkap Bupati.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Bupati Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum tahun 2019 di wilayah Kabupaten Bima karena pada pelaksanaanya telah kita kawal bersama sehingga menghasilkan para anggota dewan dan para pemimpin yang dapat membawa aspirasi masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan pesta demokrasi yang telah kita laksanakan ini dengan tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan kita bersama,” sebutnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa pada tahun ini akan diadakan pesta demokrkasi pemilihan kepala desa Nggembe Kecamatan Bolo, sehingga dengan adanya perhelatan Pilkades tersebut, nantinya kita sama-sama dapat mensukseskannya sehingga pada saatnya nanti kita dapat memilih kepala desa yang akan melaksanakan amanah rakyat kearah yang lebih baik lagi.

Sementara itu dalam Kultum yang disampaikan oleh Ustad Farhan Bil Islam mengangkat tema hakekat ibadah puasa dalam bulan ramadhan, dimana dalam Berpuasa tidaklah sebatas menjaga nafsu dan syahwat. Namun lebih dari itu berpuasa adalah menjaga diri agar tidak melakukan berbagai hal yang dibenci oleh Allah, baik yang bisa dilakukan oleh mata, lisan, telinga, atau bagian tubuh yang lain. Menjaga diri agar tidak berkata hal-hal yang sia-sia, juga agar tidak mendengar apa yang diharamkan oleh Allah untuk dilakukan termasuk dalam makna luas puasa.

Pada momen safari ramadhan tersebut Bupati dan Wakil Bupati juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 50 juta dan kitab suci Al-Qur’an yang diterima Pengurus Masjid, penyerahan bantuan sembako untuk 50 orang panti jompo yang secara simbolis diterima oleh Camat Bolo Mardiana, SH. (WR-Man)