Polres Dompu Launching Lomba Kampung Sehat 2020

310
Launching Lomba Kampung Sehat 2020

DOMPU, Warta NTB – Polres Dompu melakukan launching Lomba Kampung Sehat yang berlangsung di Lapangan Karijawa, Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Jumat (19/6/2020). Launching kampung sehat  ini bersamaan dengan launching yang dilakukan Kapolda NTB Irjen Pol. Muhammad Iqbal, SIK MH di Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat.

Seperti yang disampaikan Kapolda NTB sebelumnya, tujuan lomba Kampung Sehat ini dimaksudkan untuk membidik empat mitigasi pandemi Covid-19, yakni menurunkan kurva pertumbuhan Covid-19, menjaga ketahanan pangan masyarakat dan menurunkan angka gizi buruk, mendorong kebangkitan kembali roda perekonomian, dan menurunkan angka kejahatan di wilayah hukum Polda NTB.

Di acara launching, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH SIK mengatakan, dalam lomba kampung sehat akan diikutkan seluruh desa yang ada di wilayah Kabupaten Dompu.

“Dalam lomba ini kami akan mengikutsertakan semua desa agar tidak ada kecemburuan sosial maupun rasa iri dari desa yang lain. Penilaian akan dilakukan oleh Tim Kecamatan, Provinsi hingga Pusat. Adapun tahap penilaian adalah kampung sehat dengan standar Covid-19,” katanya.

Oleh karena itu, Kapolres meminta kepada Camat dan kepala desa serta lurah agar segera mempersiapkan kampung sehat yang akan dilombakan selama 20 hari kedepan.

“Segera kita  persiapkan kampung sehat untuk menghadapi lomba 20 hari kedepan dan mudah-mudahan semua juara favorit nanti akan berasal dari Kabupaten Dompu,” harapnya.

Sementara Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin di lokasi launching mengatakan, selama tiga bulan terakhir sejak pademi virus corona atau Covid-19 ditetapkan pemerintah sebagai bencana non alam nasional, Pemerintah Kabupaten Dompu telah melakukan segala cara untuk menekan akan penyebaran virus corona.

“Dengan adanya virus corona memaksa semua orang harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan lainnya, tetapi di tengah pandemi Covid-19 ini kita harus optimis bahwa  desa di Kabupaten Dompu bisa memenangkan lomba kampung sehat ini,” ungkap Bupati Optimis.

Launching kampung sehat ini ditandai dengan penekanan bel yang dilakukan oleh Bupati Dompu.

Turut hadir dalam acara launching Dandim 1614/Dompu diwakili oleh Danramil, Ketua DPRD Dompu Andi Bahtiar, Ketua MUI Dompu KH Abdullah Arsyad, S.Ag, Kajari Dompu Andito, SH, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kapolsek Se-Kabupaten Dompu dan Perwira jajaran Polres Dompu. Para Camat, Lurah, Toma, Toga, Tokoh pemuda dan tokoh wanita. (WR-02)