Dukung Program TMMD di Kecamatan Monta, Kodim 1608/Bima Terjunkan 159 Personel

237
Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal

BIMA, Warta NTB – Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun Anggaran 2021, Kodim 1608/Bima menerjunkan sebanyak 159 personel sebagai Satuan Tugas (Satgas) pelaksana TMMD.

Sebagaimana disampaikan Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal bahwa pelaksanaan TMMD ke-110 Tahun Anggaran 2021 Kodim 1608/Bima dipusatkan di tiga desa yang ada di Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, yakni Desa Nontotera, Tolouwi dan Waro.

“Total personel sebagai Satgas yang mendukung pelaksanaan TMMD ini sebanyak 159 orang,” kata Dandim saat upacara pembukaan TMMD, di Aula Sidang Utama, Kantor Bupati Bima, Selasa (2/3/2021).

Sebelumnya Dandim juga memaparkan bahwa dalam kegiatan TMMD di Kecamatan Monta ada beberapa program fisik yang akan dilaksanakan, yakni pembangunan jalan tani dan pembangunan satu unit Pospam Terpadu di Desa Nontotera.

“Kemudian pembangunan 5 Unit duiker dan pemasangan keramik, pintu, jendela dan plester dinding Masjid Al-Muttaqin di Desa  Tolouwi,” papar Dansatgas TMMD ini.

Sedangkan di Desa Waro tambah Dandim, yakni pembangunan tempat wudhu dan Mandi, Cuci, Kaktus (MCK) di Masjid Nurul Hidayah Desa Waro.

“Pra TMMD telah dilaksanakan mulai tanggal 24 Pebruari sampai tanggal 1 Maret 2021. Sedangkan pelaksanaan TMMD sendiri dimulai tanggal 2 sampai 31 Maret 2021,” ujarnya.

Sementara untuk sasaran kegiatan non fisik papar Dandim, yakni kegiatan Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 dan Vaksin, Penyuluhan Hukum tentang Bahaya Narkoba, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara(Belneg).

“Penyuluhan tentang penghijauan lahan dan hutan. Pelayanan posyandu dan KB Kesehatan,” tambahnya.

Kemudian yang terakhir paparnya, yakni kegiatan sosialisasi Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular), Sosialisasi tentang Kesehatan Reproduksi dan Stunting bagi pasangan usia subur, ibu hamil, bayi dan balita. Pelaksanaan sembako dan Bazar murah.

Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD, Dandim sangat berharap adanya dukungan seluruh komponen, stakeholder terkait, pemerintah dan masyarakat yang menjadi lokasi sasaran TMMD.

“Untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini, kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak sehingga program TMMD dapat berjalan lancar, sukses dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” harapnya. (WR-Al)