Satgas TMMD Gelar Tabligh Akbar dan Zikir Bersama Ribuan Masyarakat Sape dan Lambu

1155
Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra di acara Tabligh Akbar dan Zikir Bersama Ribuan Masyarakat Sape dan Lambu.

BIMA, Warta NTB – Salah satu program nonfisik yang menjadi prioritas kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di wilayah Kodim 1608/Bima tahun 2018 adalah pembinaan keagamaan.

Upaya itu, diwujudkan Satgas TMMD bersama masyarakat dan pemuda Kecamatan Sape dan Lambu dengan menggelar kegiatan Tabligh Akbar dan Zikir bersama yang di pusatkan di halaman Masjid Ar-Rahman, Desa Rai Oi, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Sabtu (20/10/2018) malam.

Tabligh Akbar dengan menghadirkan Penceramah Ustadz H.M Adnin SQ M.Pd mengusung tema “Mewujudkan Generasi Muda Berkarakter dan Bertakwa, Menuju Desa Maju, Sejahtera dan Demokratis” dihadiri sekitar 1.200 jemaah yang terdiri dari pelajar, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama se Kecamatan Sape dan Lambu.

Turut hadir dalam acara, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta S.I.K, Danramil 03/Sape Kapten inf. Junaid, Kapolsek Sape AKP Syarifuddin Jamal dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Sape dan Lambu.

Dandim 1608/Bima selaku  Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD dalam sambutanya menyampaikan, ucapan terimakasih atas respon positif dari semua pihak sehingga kegiatan tabligh akbar di Kecamatan Sape dan Lambu dapat terlaksana dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Bambang mengajak para jamaah untuk mengambil makna yang terkandung dalam Surat Al Asr bahwa manusia adalah kelompok yang merugi kecuali bagi mereka yang beriman dan beramal soleh.

Dandim mengharapkan agar apa yang pernah terjadi di masa lalu dapat dijadikan pelajaran untuk melangkah ke masa depan dengan mempersiapkan diri menghadapi segala tantangan yang ada.

Selain itu, melalui kegiatan ini Dandim ingin mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk membangun kembali semangat silaturrahmi dan menjalin kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Mari kita kembali membangun semangat silaturrahmi dan kerukunan dengan menjauhi hal-hal negatif sehingga akan tercipta kerukunan, keamanan dan kenyamanan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat,” ajak Dandim menutup sambutanya.

Dalam sambutanya, Kepada Desa Rai Oi menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah bersedia hadir dalam acara tabligh akbar dan menyampaikan apresiasi yang tinggi Dandim 1608/ Bima dan Kapolres Bima Kota yang menjadi inisitor terselenggaranya kegiatan tabligh akbar.

“Terimakasih dan apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Bapak Dandim 1608/ Bima dan Kapolres Bima Kota yang telah berinisiatif menyelenggarakan Tabligh Akbar di Kecamatan Sape-Lambu,” ucapnya.

Hal senada disampaikan, Kapolres Bima Kota AKBP Winarta dengan menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir terutama pada panitia penyelenggara dan para anggota Karang Taruna se kecamatan Sape dan Lambu.

Kapolres Bima Kota juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Dandim 1608/Bima selama ini yang telah banyak memiliki inovasi untuk menciptakan ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarkat.

“Semoga dengan adanya acara ini lebih menyadarkan kita untuk tetap menjaga kamtibmas dan tidak melakukan tindakan pidana yang dapat merugikan diri dan keluarga kita,” kata Kapolres Kota.

Sedangkan, Ustadz H.M Adnin selaku penceramah dalam kegiatan tersebut secara garis besar mengingatkan kepada ribuan jamaah yang hadir untuk menjauhi hal-hal yang negatif seperti minuman keras, narkoba dan perbuatan-perbuatan lain yang tidak sesuai dengan tuntunan agama Islam dan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Rebublik Indonesia.

Di samping itu, Ustadz Adnin mengajak para orang tua agar mendidik anak-anak dengan ilmu agama, memberikan pembinaan dan mengawasi anak-anak sehingga akan terhidar dari perbuatan-perbuatan negatif yang dapat merugikan karena pemuda dan generasi muda merupakan tulang punggung bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan ikrar pemuda yang diwakili oleh ketua Forum Karang Taruna Kecamatan (FKT) se Kecamatan Sape dan Lambu yang berisi:

Kami warga Sape dan Lambu dengan ini berikrar:

  1. Setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik indonesia.
  2. Menjaga keamanan dan  kenyamanan di wilayah kami.
  3. Mewujudkan kerukunan hidup beragama, bermasyarakat dan berbangsa.
  4. Memperkuat kesetiakawanan sosial.
  5. Mendukung pembangunan dalam rangka kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Acara Tabligh Akbar yang dibuka dengan kegiatan marawis dan pembacaan kalam illahi ini sangat antusias dihadiri oleh seluruh kalangan masyarakat Kecamatan Sape dan Lambu dan diakhiri dengan kegiatan doa dan zikir bersama yang dipimpin oleh Ustad H. Ridwan Umar S.Pdi. (WR)