Kapolda dan Gubernur NTB Pimpin Pemadaman Kebakaran Lahan di Lombok Utara

702

MATARAM, Warta NTB – Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM bersama Gubernur NTB Dr. Zulkiefliemansyah memantau langsung pemadaman kebakaran lahan di Dusun Nipah, Desa Malaka Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Minggu (18/8/2019).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, S.IK menjelaskan, kebakaran pertama kali dilihat oleh Muhsin warga desa setempat sekitar pukul 11.00 Wita Minggu pagi, namun api mulai membesar dilihat oleh warga pada pukul 15.00 Wita.

“Selanjutnya pada pukul 16.00 Wita, api dapat dipadamkan oleh 6 personel Polsek Pemenang dan 8 personil petugas Damkar yang dibantu masyarakat setempat menggunakan alat seadanya,” katanya.

Lanjut Purnama, pada pukul 17.00 Wita, api kembali muncul di titik berbeda yang tidak jauh dari lokasi awal hingga merambat ke lahan Dusun Pandanan.

Mengetahui titik api kembali muncul, Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.IK MH langsung turun bersama PJU Polres Lotara memantau pemadaman yang dilakukan bersama personel Polsek Pemenang, petugas Damkar yang dibantu masyarakat sekitar dengan alat seadanya.

“Lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar karena musim kemarau terdapat banyak pohon kering dan angin kencang mengakibatkan api cepat merambat dan membakar lahan tersebut,” jelasnya.

Kapolda NTB yang mendapat informasi kebakaran hutan turun langsung ke lokasi pada pukul 21.00 Wita didanpingi Pejabat Utama (PJU) Polda NTB bersama Bupati KLU dan Sekda KLU yang disusul Gubernur NTB yang juga tiba di lokasi.

Purnama memaparkan, pemadaman kebakaran lahan di KLU melibatkan Satgas Karhutla Gabungan Kabupaten Lombok Utara yang terdiri dari, 2 pleton personel Polres Lotara, 1 Regu BPBD KLU, 1 Regu PMI KLU, 1 Regu Damkar KLU dan 1 Regu Koramil Tanjung.

Selain itu, dalam pemadaman api juga melibatkan Satgas Karhutla NTB yang terdiri dari, 2 Pleton Dit Sabhara Polda NTB, 1 Kompi Sat Brimob Polda NTB, 1 Pleton Kompi Brimob KLU, 1 Pleton Sat Sabhara Polres Lobar, 1 Pleton Yonzipur 10/2 Kostrad, 1 Regu BPBD Prov NTB, 1 Regu KPH Rinjani Barat dan 1 Regu Tagana Prov. NTB.

Sedangkan peralatan yang digunakan antara lain, 5 Unit Water Canon, 4 unit Truk Tanki air PU KLU, 1 Unit Truk Tangki air Polres Mataram, 1 Unit Truk tangki air Polres Lotara, 1 Unit Truk Tangki Polda NTB, 1 Unit Truk Tangki PMI Prov. NTB dan1 Unit mobil Damkar KLU.

“Aksi yang dipimpin langsung Kapolda dan Gubernur NTB tersebut berhasil memadamkan api pukul 01.00 Wita dini hari dan untuk mengantisipasi kembali munculnya titik api Satgas Karhutla NTB tetap standby di lokasi,” paparnya.

Kapolda NTB melalui Kabid Humas mengatakan, agar peristiwa yang sama tak terulang kembali langkah-langkah pencegahan akan diintensifkan.

“Langkah pencegahan dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi melalui Bhabinkamtibmas kepada masyarakat serta melakukan patroli bersama untuk mendeteksi dini titik lahan yang terbakar,” katanya. (WR)