Posramil Sanggar Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan di Piong

445

BIMA, Warta NTB – Danpos Ramil 1608-05/Donggo Pelda Barahima bersama anggota Posramil bergerak cepat memadamkan api di hutan Hak Guna Usaha Usaha Tani Lestari (HGU UTL) di Desa Piong, Kecamatan, Sanggar Kabupaten Bima, Selasa (13/8/2019). Dalam proses pemadaman api, anggota Posramil dibantu tiga unit mobil pemadam kebakaran.

Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra di sela-sela kesibukannya memberikan apresiasi atas kesigapan anggotanya bergerak cepat membantu pemadaman kebakaran hutan HGU UTL.

Dijelaskannya, berdasarkan laporan yang diperolehnya, Danposramil mendapat laporan dari seorang warga dan langsung melaksanakan koordinasi dengan PT. Sanggar Agro dan aparat Pemerintahan setempat dengan menghubungi pemadam kebakaran (Damkar).

“Alhamdulillah, api awalnya sudah bisa dipadamkan, namun tidak lama kemudian muncul lagi sehingga Damkar mengerahkan mobil pemadam kebakaran tambahan untuk mengatasinya,” ungkap Dandim.

Dandim lulusan Akmil 1999 tersebut mengajak seluruh masyarakat terutama warga yang dekat dengan hutan atau daerah kekeringan agar berhati-hati membuang puntung rokok atau menyalakan api yang dapat memicu kebakaran hutan, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau dan kekeringan.

Usai memadamkan api, pihak Dinas Damkar dan PT. Sanggar Agro menempatkan beberapa unit mobil pemadam kebakaran di sekitar PT Sanggar Agro untuk mengantisipasi kemungkinan terulangnya kebakaran. (WR)