Jadi Irup Hari Sumpah Pemuda, Dan SSK TMMD Ajak Pemuda Menghargai Jasa Pahlawan

512
Upacara memperingati hari sumpah pemuda ke 90 tingkat Kecamatan Lambu tahun 2018 di pusatkan di Lapangan Desa Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima.

BIMA, Warta NTB – Upacara memperingati hari sumpah pemuda ke 90 tingkat Kecamatan Lambu tahun 2018 di pusatkan  di Lapangan Desa Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan SSK TMMD Kapten Inf. Junaid.

Upacara yang digelar, Senin (29/10/2018) berlangsung khidmat, dihadiri Personil Satgas TMMD, Para Guru, siswa SD dan SMP serta aparatur Desa Lambu.

Dalam amanatnya Komandan SSK TMMD yang juga menjabat sebagai Danramil Sape ini mengajak para pemuda agar selalu mengingat dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berkorban dan berjuang demi mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari tangan para penjajah.

Ia juga mengajak agar para pemuda agar mengingat perjuangan para pemuda 90 tahun silam yang dikenal dengan Sumpah Pemuda sehingga sampai sekarang, sejarah hari sumpah pemuda tetap diperingati setiap tanggal 28 Oktober tiap tahunya.

“Semoga generasi muda sekarang akan selalu mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan kita dan menjadi genarsi penerus yang  mampu meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita, serta menjadi genarasi yang unggul dalam membangun negeri” harapnya.

Di tempat terpisah Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra selaku Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD megatakan, Sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah terwujudnya semangat persatuan dan kesatuan di antara pemuda se nusantara melalui pengakuan dan sumpah bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yakni Indonesia.

“Di moment peringatan hari Sumpah Pemuda yang bertepatan dengan kegiatan TMMD di Lambu, saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada masyarakat Lambu khususnya dan masyarakat Bima pada umumnya, terutama generasi muda,”

Dandim juga mengingatkan generasi muda, agar di era demokrasi saat ini, para pemuda harus senantiasa berkontribusi demi terwujudnya kondusifitas wilayah sehingga program pembangunan yang dicanangkan pemerintah berlangsung secara berkesinambungan. Terlebih menjelang pesta demokrasi yang akan datang.

Bambang berharap,pemuda memiliki andil yang besar dalam mendinginkan situasi sehingga perhelatan pesta demokrasi yang dilaksankan tahun 2019 berjalan lancar, aman dan damai.

“Para pemuda harus memiliki andil besar dalam mendinginkan situasi sehingga perhelatan akbar tersebut berjalan lancar, aman dan damai. Para pemuda juga harus bisa menjadi pelopor dan bisa meredam berita hoax yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” pinta Dandim. (WR)