Polda NTB Gelar Bhakti Sosial Cipta Kondisi dan PAM Jelang Pelantikan Presiden RI

844

MATARAM, Warta NTB – Setelah beberapa waktu yang lalu melakukan kegiatan bhakti sosial kesehatan di Kabupaten Lombok Tengah, jajaran Polda NTB kembali melakukan kegiatan Bhakti Sosial untuk Kemanusiaan di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (19/10/2019). Kegiatan ini dilakukan Polda dalam rangka Cipta Kondisi (Cipkon) dan Pengamanan (PAM) jelang pelantika Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pada Kesempatan tersebut, Kapolda NTB Irjen Nana Sudjan, AS MM menyampaikan beberapa hal di antaranya terkait kekeringan yang terjadi secara nasional termasuk di wilayah Nusa Tenggara Barat dan kebakaran hutan yang mengakibatkan kekurangan air. Kapolda mengharapkan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan..

“Kegiatan bhakti sosial ini merupakan wujud dan rasa kepedulian Polda NTB terhadap kesulitan yang dialami masyarakat saat ini. Kami melihat banyak masyarakat yang kekurangan air. Oleh karena itu kita distribusikan air bersih dengan empat mobil tangki dan tiga water canon,” katanya.

Irjen Nana Sudjana juga menyampaikan, sinergitas pemerintah daerah, TNI dan Polri bersama masyarakat dalam kegiatan ini menjadi cukup penting untuk terus kita perkuat dalam mewujudkan stabilitas keamanan, apalagi menjelang Pelantikan Presiden dan Wapres RI.

“Saya mohon dukungan masyarakat agar menjaga situasi dan kondisi sehingga pelaksanaan pelantikan tersebut dapat berjalan dengan aman dan tertib. Semoga kedua pemimpin bangsa dapat menjalankan amanah dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTB juga meminta kepada masyarakat agar bisa berkomunikasi secara terbuka dalam menyampaikan berbagai macam permasalahan sosial maupun keamanan, terlebih diharapkan masyarakat dapat menangani dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

Di tempat yang sama, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan ucapan terimakasih atas kepada Kapolda NTB dan jajaran yang telah melaksankan kegiatan bhakti sosial di Desa Pelangan yang merupakan desa paling selatan yang berada di Lombok Barat.

“Kami menyampaikan apresiasi atas inisiasi jajaran Polda NTB melakukan kegiatan Bhakti Sosial Kemanusiaan dengan membagikan air bersih dan bantuan sembako serta buku Iqro bagi masyarakat yang membutuhkan di wilayah Lombok Barat,” ungkapnya.

Menurut Fauzan terjadinya kekeringan dan kemarau panjang juga disebabkan akibat rusaknya lingkungan yang disebabkan karena ulah manusia yang meruk lingkungan sehingga terjadi pemanasan global.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama SIK mengatakan, kegiatan bahkti sosial kemanusian di Lombak Barat di awali dengan kegiatan shalat Istisqo (meminta hujan) berjamaah dan thausiyah oleh TGH. Taufiqurahman yang menyampaikan bahwa kejadian musibah dan bencana terjadi akibat banyaknya kezaliman dan perbuatan maksiat di sekeliling kita.

Kata Purnama, bhakti sosial untuk kemanusiaan dilaksanakan dengan membagi sembako kepada masyarakat dengan harapan mereka mampu menjadi polisi bagi diri sendiri sehingga dapat mengamankan lingkungannya atas sering terjadinya kasus Curanmor, Curas dan Curat, serta dapat mencegah terjadinya konflik sosial.

Adapun masyarakat yang mendapatkan Air Bersih, Sembako dan Buku Iqra dari Polda NTB sebanyak 1.000 orang dari sepuluh dusun di Desa Pelangan dan mudah-mudahan Community Policing yang dilakukan Polda NTB ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan bhakti sosail Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Tajuddin, SH MH, Pejabat Utama Polda NTB, Kapolres Lobar, Pejabat lingkup pemda Lobar dan masyarakat setempat. (WR)