[Video] Tari Tambora Bou Mantika

869

Wartantb.com – Tambora Bou Mantika adalah sebuah Tari Kontemporer yang menggambarkan betapa gembira dan cerah ceriahnya masyarakat Dana Tambora masa kini, yang telah menerima Nikmat dan Rahmat Allah Aja Wajallah, dimana Tambora tempo dulu dengan Tambora saat ini telah berubah jauh tiada banding. Hamparan tanah-tanah pasir dan bebatuan telah menjelma menjadi tanah-tanah subur membiru, dipenuhi oleh tanaman-tanaman dan ternak yang terjaga, mengisi dan memperindah Panorama Alam dan Savana Tambora yang mempesona dan ditambah lagi dengan berkilaunya sinar Matahari, tumpahan Laut dan Teluk disekitarnya serta loncatan-loncatan ikan hias disana-sini.

Sebuah karya dari La Seo ( H. Said) dengan koreo Grafer Lalu Suryadi Mulawarman, S. Sn, MM dan Astika ini tampil pada acara Festival Pesona Tambora 2016 yang diselenggarakan di Padang Savana Doro Ncanga, Dompu, Nusa Tenggara Barat tanggal 16 April 2016 yang di hadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kempar, Esthy Reko Astuti, yang berkesempatan hadir mewakili Menteri Pariwisata, Mentri lingkungan Hidup dan kehutanan serta Pejabat Tinggi lainya. Dalam kegiatan Festival Pesona Tambora 2016 ini, beragam acara digelar dari pagelaran seni, Lomba lari ultra 320 Km, Lomba lari 100 Km, 50 Km, dan 25 Km. Kegiatan berlangsung dari tanggal 11-16 April 2016

Tari kontemporer yang bejudul Tambora Bou Mantika di bawah binaan dan arahan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu dengan penanggung Jawab Teknis Kep. Taman Budaya Prov. NTB dan Kepala Seksi Pengembangan dan Peningkatan Mutu Kesenian Taman Budaya Prov NTB dengan Penata Musik : Hamdan dan I Wayan Balik Team Artistik : R Dudi Subiantoro,S.Sos, Moh. Zaeni, I Nyoman Subrati, Kamaludin. (Taman Budaya)