Wawali Hadiri Sosialisasi PIP di SMPN 6 Kota Bima

704

Kota Bima, wartantb.com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Kota Bima menggelar sosialisasi Dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang dihadiri oleh ratusan wali murid sekolah setempat.

Acara yang dilaksanakan di aula SMPN 6 Kota Bima, Sabtu (18/3/2017) dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawali) Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, Kepala SMPN 6 Kota Bima Arif Wahidin, S.Pd, serta unsur pengawas pendidikan.

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program yang relatif baru dan masih perlu disosialisasikan secara luas. Program ini merupakan kerja sama tiga Kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama (Kemenag).

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan nonformal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Melalui program ini Pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

“Saya berterima kasih telah diundang untuk menghadiri acara sosialisasi dana PIP untuk SMPN 6 Kota Bima. Ini juga bisa menjadi media silaturahim dan membangun kebersamaan antara Pemerintah Daerah serta para stakeholders pendidikan di Kota Bima, khususnya di SMPN 6 Kota Bima,” kata Wakil Walikota.

Ia berharap Kepala Sekolah dan para guru bersungguh-sungguh dalam mempelajari petunjuk teknis (juknis) program ini, agar dapat terlaksana secara optimal serta tepat sasaran kepada anak-anak yang memang berhak mendapatkannya. (WR-Hum)