Warga Desa Belo Percantik Lingkungan dengan Karya Seni

1067
Warga Desa Belo menghiasi lingkungan dengan lukisan dan karya seni.

BIMA, Warta NTB – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperindah dan mempercantik lingkungan tempat tinggal. Tidak perlu mewah, hal kreatif dan bernilai seni bisa jadi pilihan agar lingkungan tempat tinggal elok dipandang mata.

Untuk mempercantik dan memperindah lingkungan, Kominitas Coco Bola bersama warga Desa Belo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima menghias lingkungan tempat tiggal mereka dengan lukisan dan karya seni.

Pembina Kominitas Coco Bola Desa Belo Ayani Prawira Yudha mengatakan, Program Kampung Iklim (Proklim) yang dilaksanakan di Desa Belo bertujuan untuk  membangkitkan semangat masyarakat mencintai lingkungan.

Dengan motivasi untuk ikut menciptakan lingkungan pemukiman yang indah, kami bersama masyarakat membuat kreasi dan karya seni dengan mengecat tembok atau dinding di lingkungan masing-masing.

“Kami berharap program kampung iklim ini dapat memberikan efek positif bagi masyarakat untuk tidak membuang  sampah sembarangan dan memanfaatkan limbah sampah plastik seperti botol plastik dan lain-lain sebagai bahan baku untuk memperindah tata ruang di lingkungan masing-masing,” harapnya.

Kata Yani, kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima melalui dana CSR dari PT. PLN yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan dukungan dari Pemerintah Desa Belo untuk menyukseskan program kampung iklim.

“Dengan adanya program kampung iklim ini dapat mencegah naiknya emisi gas rumah kaca dan membangun keterlibatan masyarakat terhadap penguatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim agar mendapatkan suplay oksigen yang cukup,” katanya.

Ayani menambahkan, selain membuat lukisan dan karya ada juga imbauan dan pesan edukatif  yang ditulis sebagai upaya untuk mebangkitkan kesadaran bersama agar mencintai lungkungan.

“Di tembok dan dinding yang dicat, selain ada lukisan yang indah juga ada pesan-pesan edukatif dan media pembelajaran seperti abjad alfabet untuk anak-anak,” tutupnya.

Program kampung iklim ini cukup antusias disambut masyarakat setempat, buktinya warga di lingkungan tersebut mengambil bagian untuk menghias tembok dan pagar sesuai kreasi masing-masing. Program ini juga dijemput Komunitas Coco Bola Belo dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTB. (WR-Man)