Walikota Buka Peringatan Hari Air Dunia Ke-25

811

Kota Bima, wartantb.com – Walikota Bima M. Qurais H. Abidin membuka acara peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke-25 Tahun 2017 di Lapangan Manggemaci Kota Bima, Minggu (19/3/2017). Kegiatan ini merupakan kerjasama Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Barat (BWS NTB) I dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima.

Berdasarkan laporan Kepala BWS NTB I,  Ir. Asdin Julaidy, MM, MT, peringatan HAD Tingkat NTB Tahun 2017 diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain lomba mewarnai tingkat anak yang dilaksanakan hari ini di Lapangan Manggemaci, lomba lintas sungai serta penanaman pohon di sejumlah lokasi.

“Seksi Penanaman Pohon menyediakan ribuan bibit pohon yang akan ditanam oleh peserta lintas sungai. Untuk Wilayah Kota Bima penanaman dilaksanakan di Oi Si’i Rontu. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bima di Bendungan Pela Parado,” katanya.

Untuk suksesnya acara, pihaknya melakukan koordinasi lintas instansi, antara lain dengan Polres Bima Kota serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima.

Walikota mengapresiasi rangkaian kegiatan tersebut. Ia berharap peringatan HAD bisa menggugah kesadaran kolektif untuk menjaga kelestarian sumber mata air serta bijak dalam pemanfaatan air bersih.

“Kelangkaan air bersih menjadi masalah yang kian mendesak dan perlu perhatian kita semua. Kegiatan penghijauan dan berbagai upaya pelestarian lingkungan semakin banyak dilaksanakan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kota/kabupaten. Namun ini akan menjadi sia-sia jika tidak ada kesadaran bersama serta dukungan dari masyarakat untuk mencegah pembalakan liar,” kata Walikota.

Momentum peringatan HAD juga diharapkan menjadi media untuk memperkuat komitmen bersama antar Pemerintah Daerah untuk melaksanakan rehabilitasi hutan. (WR-Hum)