Walikota Bima Pimpin Upacara HUT TNI Ke-72

1137

Kota Bima, Wartantb.com – Walikota Bima H.M Qurais H. Abidin menjadi Inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-72 Tingkat Kota dan Kabupaten Bima. Peringatan HUT TNI ke-72 ini dilangsungkan di Halaman Kantor Walikota Bima, Kamis (5/10/2017).

Bertindak selaku Komandan upacara adalah Kapten Inf. Ibrahim dan Perwira Upacara Kapten Inf Ahmad. Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofyan SH bertindak selaku Pembaca Ikrar.

Hadir dalam upacara Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofyan SH, Wakil Walikota Bima H. A Rahman H Abidin SE, Wakil Bupati Bima Dachlan M Noor, Pama Lanal Matamam, Pama Lanud Rembige, Dansub Dansub POM Mataram, Kanvimvetcad IX/15 Bima, Danki A Yonif 742/SWY, Dandim 1608/Bima, Kapolres Bima Kota, Kapolres Bima, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, Kepala Kejaksanaan Negeri Raba Bima, Ketua Mui Kota dan Kabupaten Bima, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, Organisasi Pemuda dan Ormas Islam se-Kota dan Kabupaten Bima.

Adapun tema Peringatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 adalah Bersama Rakyat TNI Kuat. Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat, berbuat dan bertidak bersama rakyat menjadi modal utama TNI di dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa.

Dalam amanat Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Walikota Bima menyampaikan bahwa kekuatan TNI bersandar kepada rakyat. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan semesta. Menurut dia, TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak pernah berjuang sendiri, melainkan dengan jerih payah rakyat Indonesia.

“Kemudian perjuangan memelihara kemerdekaan tidak pernah TNI berjuang sendiri, selalu bersama-sama dengan rakyat,” katanya.

Ia menambahkan TNI telah terbukti selama 72 tahun melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Indonesia dan rakyat. Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer selain Perang (OMSP). Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada Rakyat Indonesia, seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir dan longsor, maupun keberhasilan TNI melaksanakan operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksi-aksi terorisme.

“Setiap prajurit dan ASN dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” jelasnya.

Diakhir amanatnya diinstruksikan kepada segenap prajurit dan ASN beberapa hal diantaranya (1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; (2) Menempatkan tugas diatas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan; (3) Menjunjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa; (4) Memegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman pada Sapta Marga; (5) Membina stabilitas satuan, tegakkan rantai komando, dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI; (6) Selalu hadir di tengah-tengah masyarakat; dan (7) Melanjutkan hal-hal positif yang telah terbina selama ini serta me laksanakan semua tugas dengan niat berbuat baik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk NKRI.

Setelah upacara dilakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda Hari Ulang Tahun TNI ke-72 tahun 2017 oleh Walikota Bima yang diserahkan kepada Mayor Inf I Ketut Sudiasa dengan didampingi Bupati Bima dan pimpinan tiga angkatan yakni angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

Secara khusus pula Walikota Bima beserta seluruh jajaran dan masyarakat Kota Bima menyampaikan “Selamat Ulang Tahun” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia” kepada seluruh prajurit dan ASN khususnya TNI yang bertugas di Kota dan Kabupaten Bima.

“Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, Bersama Rakyat TNI Kuat,” tandas Walikota Bima. (WR-02)