Walikota Bima HML Resmikan Peluncuran Command Center di Kota Bima

336

KOTA BIMA, Warta NTB –  Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE meresmikan peluncuran perdana Command Center yang digagas oleh Pemerintah Kota Bima sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Kota Bima dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Peresmian Command Centre yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Bima, Senin (23/8/2021) berpedoman pada protokol kesehatan yang ketat dihadiri pula oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Bima beserta jajarannya, Ketua TP PKK dan DWP serta turut disaksikan pula secara luring dan daring oleh Gubernur NTB atau yang mewakili beserta segenap kepala Dinas Kominfotik se-Provinsi NTB.

Sebelumnya, Kepala Diskominfotik Kota Bima, Drs. H. Sukri, M.Si melaporkan beberapa hal terkait landasan dasar dibentuknya Command Center Kota Bima. 

Tujuan hadirnya Command Center Kota Bima kata dia, adalah bentuk komitmen Visi-Misi Wali Kota Bima yang berkualitas dan setara, sejahtera, transparan, akuntabilitas, ramah dan agamais menuju masyarakat yang maju dan mandiri.

“Dengan kehadiran Command Center ini menjadi simbol penyelenggaran pemerintah dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik dan mengedepankan kepentingan masyarakat,” sebutnya.

Sukri menjelaskan, adapun sebagai pusat kendali layanan informasi di Kota Bima, Command Center didukung dengan 16 layanan yang diantaranya adalah Website Perangkat Daerah yang terintegritas, aplikasi e-lapor, informasi kesehatan, bima life, layanan kepegawaian, dan lainnya.

“Lahirnya Command Center yang pertama di Provinsi NTB ini pun mendapat banyak apresiasi dari berbagai daerah yang dibuktikan dengan kehadiran pemerintah Kabupaten Dompu dan Lombok Timur dalam rangka study banding pelayanan Command Center di Kota Bima,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya Wali Kota Bima mengungkapkan, hadirnya Command Center tersebut tidak lepas dari peran serta upaya berbagai pihak khususnya Dinas Kominfotik yang telah bekerja keras bersama selama tiga tahun untuk keberhasilan dibentuknya Command Center.

“Command center ini digagas dengan begitu panjang yakni selama tiga tahun, sehingga bisa berada pada hari ini, pada kesempatan launching hari ini,” ujar Wali Kota Bima yang akrab disapa HML ini.

Bentuk komitmen Pemerintah kota Bima terhadap pelayanan kepada masyarakat yang cepat, akurat, dan terintegrasi menjadi landasan utama dan mendasar yang diupayakan oleh Pemerintah Kota Bima khususnya dalam hal ini adalah Visi-Misi Wali Kota Bima.

Dengan demikian, Command Center mampu menjadi suatu langkah percepatan dalam pelayanan birokrasi dan masyarakat, terlebihnya kepada pelayanan pengaduan masyarakat yang di laporkan secara cepat melalui aplikasi di gadget yang dimiliki oleh tiap ketua RT/RW setempat.

“Kepuasan masyarakat mengacu pada percepatan dan ketepatan pelayanan. Dengan dukungan SDM dan budaya birokrasi yang positif diharapkan mampu menunjang kinerja dari aplikasi Command Center ini,” kata Wali Kota  mengakhiri sambutannya. (WR-Al)