Walikota Apresiasi Kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang Digelar HIMAKOM STISIP MB

540

KOTA BIMA, Warta NTB – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Mbojo Bima menggelar pelatihan jurnalistik untuk pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA), Senin (4/11/2019). Kegiatan yang digelar di aula kampus setempat dibuka Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE.

Pada kegiatan tersebut, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang digelar HIMAKOM. Kegiatan tersebut diharapkan memiliki output positif bagi pelajar dan mahasiswa.

Walikota Bima menyampaikan, kegiatan jurnalistik merupakan budaya kebangsaan kita, dunia jurnalistik itu memberikan nilai pendidikan yang bermanfaat bagi kita semua. “Jurnalistik itu memperkaya ilmu dan pemahaman kita, sehingga mampu membentuk kerangka berpikir yang produktif, Untuk memberikan informasi-informasi yang akurat dan terukur kepada masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan tersebut diikuti pengurus OSIS SMA dan MA di Kota Bima. masing-masing sekolah seperti SMAN 3 Kota Bima dan MAN 2 Kota Bima mengutus lima pelajar.

Panitia pelaksana dari HIMAKOM STISIP Mbojo Bima, Sukriyadin menjelaskan, sebagaimana rencana, kegiatan digelar selama tiga hari daan diikuti sejumlah sekolah. 

Adapun tujuan dari pelatihan tersebut, untuk memberikan pehamanan kepada pelajar tentang jurnalistik, sistem kerja media dan upaya menangkal hoaks.

Output dari kegiatan tersebut, siswa diharapkan dapat mengelola mading atau website sekolah dan OSIS. Mengisinya dengan konten karya jurnalistik siswa. “Harapannya kita mengajarkan secara dini tentang jurnalistik cilik. Selain teori dari sejumlah narasumber, pada hari kedua juga digelar praktik penyusunan berita di lokasi dan karya terbaik akan dinilai oleh narasumber,” katanya.

Pria yang akrab disapa Ori Mbojo ini, juga menjelaskan, pelatihan jurnalistik tersebut juga terselenggara atas dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Vivo dan sejumlah media. Pada sesi pertama, materi disampaikan dari pihak Dinas Komunikasi, dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima, dan Bagian Humas Protokol Setda Kota Bima.

Editor in Chief, Fachrunnas yang menyampaikan materi tentang Manajemen Pengelolaan Media menjelaskan jenis-jenis media. Sistem kerja media online yang dimulai dari proses news gathering, news editing, dan news distributing. Termasuk tetang kode etik.

Materi diawali tentang hoaks post-truth, sejarah media, dan karakteristik media. Dijelaskan, tentang prinsip dasar sistem kerja jurnalis, termasuk garis besar kode etik jurnalistik, jenis-jenis berita bohong dan upaya menangkal hoaks.

Selain itu, mantan wartawan majalah pariwisata ini, juga menyampaikan agar peserta pelatihan jurnalistik memiliki optimisme jika menyukai dunia jurnalistik. Masa depan di media, tidak harus bekerja pada media lokal, namun bisa mencoba media nasional maupun media luar negeri. Karena Bima memiliki isu-isu strategis skala global.  

Sejumlah materi lain, disampaikan penulis lepas, Gienanjar Gie, pemimpin media GerbangNTB.Id Sukriyadin yang menjelaskan tentang teknik penulisan berita dan teknik wawancara serta materi gambaran tentang reporter disampaikan dosen S1 Ilmu Komunikasi STISIP Mbojo Bima, Arif Hidayatullah S.I.Kom, M.Si.

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Ketua Yayasan STISIP Mbojo Bima, UKM dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Kota/Kabupaten Bima. (WR-Tim)