Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Berkunjung Ke Lombok Timur

839

Lombok Timur, Wartantb.com – Selong, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dra. Hj. Ermalena, M.HS mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Lombok Timur.

Agenda kunjungan kerja itu dalam rangka Sosialisasi/ Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) program Kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga melalui Komunitas Ojek dan KIE kreatif tradisi budaya Lombok.

Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Bupati Lombok Timur, Minggu 11 Desember 2016, dihadiri sekitar 300 orang tukang ojek (pengojek) yang tergabung dalam Komunitas Ojek Lombok Timur.

Selain Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, hadir bersama rombongan itu diantaranya Direktur Advokasi dan KIE BKKBN Pusat DR.Sujono serta Kepala BKKBN Perwakilan NTB DR. H.Lalu Makrif.

Dalam pertemuan itu Dra. Hj. Ermalena, M.HS menyampaikan apresiasi kepada Komunitas Ojek dalam berpartisipasi untuk mendukung keberhasilan program KB dan KIE di Kabupaten Lombok Timur yang ditandai pembacaan ikrar oleh para anggota Komunitas Ojek.

Sehubungan dengan itu diharapkan kepada Komunitas Ojek untuk secara terus menerus berperan aktif mengajak warga masyarakat yang ada di lingkungannya masing-masing guna menyukseskan program KB dan KIE.

Sementara itu Bupati yang diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Lombok Timur H. Suroto, SKM, M. Kes mengungkapkan tantangan program KB di Lombok Timur adalah masih tingginya angka kelahiran bayi yang rata-rata setiap tahun mencapai 26 ribu orang dengan jumlah penduduk lebih dari 1,2 juta jiwa (terbesar di NTB). Pada sisi lain akseptor KB masih didominasi penggunaan pil, suntik dan kondom, sedangkan penggunaan kontrasepsi mantap (kontap) masih sedikit.