Wakapolda NTB Resmi Membuka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2021

625

LOMBOK TIMUR, Warta NTB – Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Ruslan Aspan secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran (TA) 2021 di Lapangan SPN Polda NTB, Belanting Lombok Timur, Senin (26/8/2021).

Upacara pembukaan turut dihadiri Ka SPN Polda NTB, PJU Polda NTB, PJU SPN Polda NTB, Kepala pengadilan Tinggi NTB A Irzin Rochaman, Danlanal diwakili oleh Mayor Laut PM Suhajar, Bupati Lotim diwakili H. Sudirma, Kajari Lotim diwakili Sunda Denuwari dan Kapolres se-pulau Lombok diwakili oleh Wakapolres masing-masing.

Dalam Arahannya, Waka Polda NTB membacakan sambutan tertulis Kalemdik Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si mengatakan, para siswa Diktuk Bintara Polri adalah kebanggaan Polri dan kebanggaan orang tua.

“Sebagai suatu kebanggaan, para siswa Diktuk Bintara Polri harus memaknai kebanggaan itu dengan rasa syukur dan melaksanakan tugas sebagai siswa dengan baik, serta melaksanakan seluruh aturan regulasi yang ada,” katanya.

Lebih lanjut Wakapolda mengatakan, siswa Diktuk Bintara Polri adalah calon personel Polri yang akan mengemban amanah menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta menjadi penegak hukum di ranah publik.

“Oleh karena itu, rekan rekan semua harus melaksanakan pendidikan ini dengan sebaik- baiknya dengan penuh semangat dedikasi yang luar biasa,” pesannya.

Jenderal Bintang Satu ini juga mengingatkan kepada para siswa agar jangan lupa beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing hingga nantinya Siwa Diktuk Bintara Polri ini akan menjadi Polri yang totalitas mengabdi kepada masyarakat Bangsa dan Negara.

Selain itu pada pendidikan pembentukan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan pada masa Pandemi Covid 19.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakapolda memberikan beberapa penekanan antara lain agar para siswa belajar dan berlatih dengan baik, kepada para gadik/guru, instruktur dan pengasuh agar memberikan pengabdian terbaik yang tulus dan iklas. Hal lain yang  juga penting dilaksanakan yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan seperti  tetap menjaga jarak, selalu memakai masker dan cuci tangan .

“Kepada rekan-rekan siswa Diktuk Bintara Polri agar tetap menjaga kesehatan hingga nantinya Pendidikan ini ditutup dan rekan- rekan semua dapat menjadi seorang personel Polri yang Presisi,” tutupnya.

Sebagai informasi, peserta  didik yang akan dididik di SPN Polda NTB berasal dari 2 pengiriman yaitu : Polda NTB berjumlah 201 orang dan Polda Papua berjumlah 30 orang sehingga total yang  akan mengikuti pendidikan di SPN  Polda NTB Blanting Lombok Timur berjumlah 231 orang.

Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2021 ditandai dengan Penyematan tanda pangkat siswa oleh Wakapolda NTB selaku Inspektur Upacara kepada perwakilan Siswa Diktuk Bintara Polri.

Setelah upacara dilanjutkan dengan Tradisi penyiraman kembang oleh Waka Polda NTB dan Wakil Ketua Bhayangkari NTB didamping KA SPN dan Bhayangkari kepada perwakilan Siswa dari Lombok, Sumbawa dan Papua. (WR-02)