Wadahi Karya Warga, Polri Gelar Lomba Kreasi

145

JAKARTA, Warta NTB – Polri menggelar lomba karya seni Setapak Perubahan Polri yang akan berlangsung hingga Juni 2022.

“Oleh sebab itu, Polri melalui Divisi Humas Polri serta Humas Polda di seluruh Indonesia kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat menyampaikan aspirasinya melalui Setapak Perubahan Polri,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu (4/6/2022).

Jenderal Bintang Dua ini menjelaskan, lomba kreasi Setapak Perubahan untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-76 dengan tujuannya adalah memberi ruang bagi masyarakat berekspresi dan beraspirasi seperti diketahui, Polri juga sebelumnya mengadakan lomba mural dan orasi unjuk rasa dengan tujuan serupa.

“Berkaca dari dua lomba sebelumnya, Polri melihat tingginya antusiasme warga dalam berekspresi,” ujarnya.

Dedi membeberkan, bahwa di hari menjelang penutupan pendaftaran, sebanyak 849 karya anak bangsa yang diterima, nantinya mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah.

“Iya ada 849 peserta, antusias masyarakat mengikuti lomba kreasi seperti membuat film pendek, vlog, tiktok, infografis, blog dan fotografi, serta lomba menulis surat untuk Kapolri cukup tinggi setelah kurang lebih dua tahun menghadapi pandemi Covid-19,” tambahnya.

Karya-karya anak bangsa yang dikirim dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia paling banyak mengikuti lomba fotografi sebanyak 378 karya diantaranya 146 film pendek, 116 infografis, 104 video tiktok, 67 vlog dan 38 blog.

“Provinsi yang paling banyak mengirimkan karya yakni Sumatera Utara sebanyak 113 karya,” sebutnya.

Adapun subtema lomba tersebut diantaranya Sinergitas TNI-Polri, Layanan Masyarakat, Polri Makin Digital, Perhatian Polri kepada Kelompok Rentan Disabel, Restoratif Justice, E-Tilang, Upaya Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, juga Pelayanan Pengaduan Online.

“Para peserta lomba dapat menuangkan ide dan kreasi seluas-luasnya sesuai dengan talenta yang dimilikinya,” tutupnya. (RED)