Wabup Dahlan: Keterbukaan Informasi Sangat Penting

901
Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer

BIMA, Warta NTB – Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M.Noer mewakili Pemerintah Kabupaten Bima menyerahkan penghargaan dan anugerah kepada juara penilaian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Kabupaten Bima.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati mengatakan, keterbukaan Informasi sangat penting, terutama saat ini, dimana informasi beredar secara global dengan kemajuan yang begitu cepat, yaitu era globalisasi. Era globalisasi adalah era dimana pertukaran informasi dalam skala global yang terus menerus terjadi.

“Untuk itulah, diharapkan kepada PPID agar betul-betul dapat melayani permohonan informasi publik sebagai bagian dari asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintah,” kata Wabup Dahlan di aula kantor Pemkab Bima, Rabu (27/12/2017).

Dengan adanya keterbukaan informasi publik dapat menjadi sarana penting dalam mengoptimalkan pelayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan maupun aktivitas badan publik  yang mengurus kepentingan publik.

Wakil Bupati menambahkan, keterbukaan informasi publik juga dapat mendorong terciptanya clean and good governance karena pemerintah dan badan-badan publik dituntut untuk menyediakan informasi lengkap mengenai apa yang sedang dikerjakan pemerintah secara terbuka, transparan dan akuntabel.



Di tempat yang sama, Kadis Kominfostik Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman SH M.Si mengatakan, penilaian terhadap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi terlebih dahulu dilakukan dengan mengirimkan form kepada OPD, Kecamatan dan Desa untuk diisi.

“Dari hasil pengisian form yang diberikan akan dilakukan kunjungan langung oleh tim pemeringkatan ke setiap OPD, kecamatan dan desa-desa,” jelasnya.

Adapun OPD dan Instansi yang berhasil meraih juara berdasarkan surat keputusan tim penilai PPID, Nomor: 001 / XII/ 2017,  tanggal 26 Desember 2017 antara lain: Juara pertama pada kategori OPD diraih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, selanjutnya diusul juara kedua Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, peringkat ketiga diraih Dinas Sosial dan peringkat harapan satu diraih dinas Koperasi dan UMKM, peringkat harapan dua diraih Disnakertrans yang diususul peringkat harapan tiga diraih Dinas Lingkungan Hidup.

Selanjutnya penilain tingkat kecamatan, juara pertama diraih Kecamatan Palibelo, juara kedua Kecamatan Lambu dan juara tiga diraih Kecamatan Sape.

Sedangkan penilaian pada tingkat desa, juara satu diraih Desa Waworada Kecamatan Langgudu, juara dua diraih Desa Boro Kecamatan Sanggar, peringkat tiga diraih Desa Riamau Kecamatan Wawo. Dan peringkat harapan satu diraih Desa Kaboro Kecamatan Lambitu, juara harapan dua diraih Desa Kuta Kecamatan Lambitu dan juara harapan tiga diraih Desa Sondo Kecamatan Monta. (WR-02)