Wabup Bima Ajak Masyarakat Wujudkan Gemarikan

531
Gerakan memasyarakatkan makan ikan ditandai penyerahan makan tambahan anak sekolah yang secara simbolis diberikan kepada 21 anak oleh Wakil Bupati Bima Drs. H,Dahlan M.Noer

Bima, Wartantb.com – Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima kembali menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) kabupaten Bima Sabtu (26/11) di Gedung Serbaguna Dena Madapangga.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan ini merupakan salah satu komitmen pemerintah, baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun daerah melalui asupan nutrisi bagi anak – anak dan ibu hamil, sehingga kedepan anak – anak akan cerdas dan mendapatkan protein dalam menunjang pertumbuhannya.

Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Bima Dapil I Azhar, SE (F – Golkar), Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima Drs. Abdul Wahab dan Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Ny. Rostiati Dahlan, S.Pd, Camat Madapangga H. Muhamamadin, S.Sos dan para prjabat teras lingkup Pemkab. Bima dalam arahannya mengajak masyarakat dan generasi muda untuk mengkonsumsi ikan secara rutin.

“Kegiatan seperti ini penting agar anak usia sekolah dan generasi muda selalu mengkonsumsi ikan,” ungkap Dahlan.

Dihadapan Kepala sekolah, guru, para kepala UPTD serta siswa Sekolah yang berada di Kecamatan Madapangga, Wabup memaparkan, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani, merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat bagi keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang terkandung dalam ikan berkualitas tinggi.

“Makan ikan berarti terhindari dari penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker serta dapat meningkatkan kecerdasan,” terang Dahlan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma memaparkan, kegiatan diikuti 400 siswa Sekolah Dasar di kecamatan Madapangga.

“Melalui kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini, para orang tua memberikan asupan gizi yang cukup bagi pertumbuhan anak. Sehingga ke depan dapat menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas,” tandasnya.

Melalui konsumsi ikan secara rutin, masyarakat dan para generasi muda akan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Disamping mendorong TP.PKK Kecamatan dan para orang agar dapat menciptakan kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan keluarga.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan ditandai penyerahan makan tambahan anak sekolah yang secara simbolis diberikan kepada 21 anak oleh Wakil Bupati Bima Drs. H,Dahlan M.Noer. (humas – 03, 01)