Usai Tembak Dedy, Briptu BM Berusaha Menghilangkan Jejak

1626
Pelaku penembakan mengenakan kaos tahan warna orange dan penutup wajah digiring polisi. Dari tangan pelaku, Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Honda Jazz, pistol dan hand phone (Foto: detik.com)

Jember, Wartantb.com – Usai menembak Dedy (25), Briptu BM berupaya menghilangkan jejak dengan menutupi warna velg mobil Honda Jazz yang ditumpanginya saat kejadian. Velg mobil yang awalnya berwarna merah muda atau pink dicat ulang dengan warna hitam.

“Ini sebelumnya (velg) warna pink, tapi kemudian ditutup dengan warna hitam. Setelah kita kerok, kelihatan warna pink-nya,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di Mapolres Jember, seperti dikutip dari laman detik.com, Senin (13/3/2017).

Machfud tidak menjelaskan secara rinci kapan dan di mana Briptu BM menutupi warna velg sebagai upaya penghilangan jejak tersebut.

“Intinya untuk menghilangkan jejak,” tandasnya.

detikcom sendiri mencoba menelusuri lebih jauh tentang mobil Honda Jazz warna silver abu-abu tersebut. Penelusuran via sms ke nomor 7070, muncul keterangan bahwa mobil bernopol N 573 RE belum ter-update di database Ditlantas Polda Jatim.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, pihaknya memang masih melakukan pendalaman terkait nopol mobil yang diduga ditumpangi BM dan tiga kawannya.

“Itu nopolnya kan memang belum tentu asli, jadi kita masih dalam rangka pengecekan nomor rangka dan nomor mesin,” katanya.

Mobil Honda Jazz tersebut kini diamankan di Mapolres Jember sebagai barang bukti. Sebab di mobil itulah sebelumnya terjadi pergumulan antara Dedi dengan Briptu BM, yang kemudian meletusnya senjata api yang menewaskan Dedy.

Dedy, mahasiswa Unniversitas Muhammadiyah Jember, tewas setelah ditembak Briptu BM di depan pertokoan Hardy’s Jember Plaza Jl. Sultan Agung, Sabtu (11/3) dini hari.

Dedy tewas dengan luka tembak di wajah hingga proyektil peluru bersarang di kepala. Briptu BM yang merupakan anggota Brimob Polda Jatim sudah diamankan. (WR)