TTG XVIII 2016 Berlangsung Sukses

596
Wakil Gubernur menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mempercayakan NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tahunan tersebut.

Mataram, Wartantb.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Teknologi Tepat Guna (TTG) XVIII Tingkat Nasional 2016. Sebagai tuan rumah, NTB telah berhasil menghadirkan sekitar 4000 peserta dari seluruh provinsi di tanah air, dengan berbagai temuan teknologi dari para inventor.

Selain itu, NTB juga sukses mengukir prestasi sebagai jawara untuk Kategori Stand Tarbaik TTG Tahun 2016. Banyak kesan dan cerita baik yang disampaikan peserta TTG saat itu, mulai dari tertibnya penyelenggaraan hingga ramahnya pelayanan oleh panitia pelaksana kepada tamu yang hadir.

Perhelatan yang dimulai pada tanggal 23 November tersebut akhirnya ditutup Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si, Sabtu (26/11/2016). Penutupan yang dihelat di kawasan Islamic Center tersebut berlangsung lancar, meski hujan sempat mengguyur Kota Mataram hingga pukul 16.30 Wita. Penutupan akhirnya dapat dimulai sekitar pukul 16.45, yang diawali dengan persembahan Tari Rudat dari Sanggar Seni Kabupaten Lombok Utara.

Wakil Gubernur menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mempercayakan NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tahunan tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan Wagub kepada seluruh masyarakat NTB yang turut menyukseskan program Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Ini menjadi inspirasi bagi warga masyarakat kita, apalagi teknologi tepat guna ini melahirkan banyak sekali inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,” tutur orang nomor dua di NTB tersebut saat itu.

Selain menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat, menurut Wagub, perhelatan TTG tersebut telah memberikan banyak kontribusi bagi peningkatan ekonomi kreatif masyarakat. Hal ini terlihat dari berbagai bentuk industri kreatif yang menghiasi perhekatan nasional tersebut.

“Para peserta yang ribuan itu akan menambah perbendaharaan dari wisata MICE kita. ini telah memberikan efek ekonomi bagi hotel, restoran dan industri kreatif masyarakat kita,” jelas Wagub.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Sumbar Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Dr. Suprapedi, M. Eng. menilai pelaksanaan TTG XVIII 2016 di NTB tersebut berjalan sangat sukses dan sesuai dengan harapan. Meskipun selama pelaksanaan kegiatan terdapat beberapa perubahan, namun ia menilai, pelaksaan program nasional tersebut berlangsung menggembirakan.

“Banyak hal yang kita peroleh dari TTG ini. Ini menjadi icon kita untuk bisa menampilkan suatu kebhinekaan, khususnya dalam hal teknologi,” jelasnya.

Kesuksesan TTG tersebut, menurunya, terlihat dari jumlah peserta yang hadir yang mencapai lebih dari 4000 peserta. Hal ini semakin menguatkan pengembangan potensi NTB, mulai dari puncak gunung hingga dasar laut.

“Ini menjadi salah satu bagaimana potensi yang ada di NTB ini bisa cepat direalisasikan, seperti teknologi yang ada di sini bisa di-update. Kami sangat yakin bahwa pertumbuhan ekonomi NTB sangat cepat, yang dapat menyejahterakan masyarakat yang ada,” pungkasnya. (Hum)