TPID Palibelo Gelar MAD dan Sampaikan LPJ 2018

944
Ketua TPID Palibelo Furkan menyampaikan laporan pertanggung jawaban TPID Palibelo tahun anggaran 2018.

BIMA, Warta NTB – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) II di Aula Kantor Camat Palibelo, Rabu (27/2/2019). Dalam MAD Tim Pelaksana Inovasi Desa juga menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahun anggaran 2018.

Camat Palibelo Drs Darwis dalam sambutanya menyampaikan, dukungannya terhadap  kegiatan yang dilaksanakan TPID Palibelo karena melalui program TPID masyarakat atau desa dapat menerapkan praktik cerdas atau usaha inovatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Sebagai pemerintah kecamatan kami mendukung penuh kegiatan yang dilaksankan TPID, Semoga inovasi-inovasi yang lahir dapat mensejahterakan masyarakat menuju desa yang mandiri,” katanya.

Dalam MAD II juga dilakukan pembentukan pengurus baru periode 2019 dan Mardiansyah S.Pt M.Si terpilih sebagai ketua menggantikan Furkan ketua lama periode 2018. Pada kesempatan itu juga disampaikan LPJ pengurus lama kepada Tim Inovasi Kabupaten Bima.

Ketua TPID Palibelo Furkan dalam laporanya mengatakan, Program Inovasi Desa atau yang disingkat dengan PID merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Selama tahun 2018 kata dia, TPID Palibelo telah banyak melakukan kegiatan inovasi yang dituangkan dalam Kartu Ide Bursa Inovasi Desa (BID) dan telah dilakukan proses capturing atau pendokumentasian.

Furkan mengungkapkan, dari hasil capturing juga telah dilakukan proses analisa sesuai kearifan lokal dan dijadikan sebagai lampiran dokumen pembelajaran atas praktik cerdas di lokasi sasaran.

“Dokumen pembelajaran tersebut menjelaskan petunjuk dan proses langkah demi langkah terhadap praktik cerdas atau inovasi yang telah terjadi yang kemudian video hasil capturing inovasi desa akan  diputar dihadapan seluruh peserta MAD,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan MAD II  pendamping (TA-PSD) seperti Buyung Nasution ST, Wawan Anggara  ST, Edy wahyudin ST, Pendamping Desa Kecamatan Palibelo Atis Ika Ernawati SH, Asni Handayani SE, Pendamping Lokal Desa seperti Saidin S.Pd, Rita Ramiatun ST, Burhan S.Pdi dan dihadiri unsur pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh wanita, anggota karang taruna dan BPD Kecamatan Palibelo. (WR-Man)