TMMD Ke-98 Tahun 2017 Resmi Ditutup

1244

Bima, Wartantb.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat melalui Staf Ahli Pangdam IX Udayana bidang strategi dan pertahanan RI Kolonel ARM. I Made Karyawan secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 tahun anggaran 2017 yang berlokasi di desa Dadibou kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Acara penutupan yang berlangsung di lapangan Bola Desa Dadibou, Kamis (4/5/2017) dihadiri Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Dandim 1608 beserta segenap prajurit TNI, Polri, Unsur Satgas, Kapolres Bima, Kapolres Kota Bima, toga, toma dan  masyarakat sekitar yang dilaksanakan dengan upacara.

I Made yang menjadi Inspektur upacara dalam arahannya menjelaskan, kegiatan TMMD tahun 2017 dilaksanakan selama satu bulan sejak 5 April 2017 hingga 4 Mei 2017. Dari kegiatan tersebut prajurit TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta segenap komponen masyarakat bekerja keras dengan penuh kebersamaan dilandasi semangat kemanunggalan untuk menyelesaikan program TMMD.

“Kebersamaan yang ditunjukan merupakan hakekat Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang merupakan roh perjuangan Bangsa yang akan terus kita bangun dan dipelihara guna menyiapkan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara yang bersifat semesta, sebagai ciri khas Negara Indonesia yang mengedepankan keterpaduan antara TNI dan rakyat,” katanya.

Oleh karena itu selaku Penanggung Jawab Operasional ( PJO) TMMD, I Made memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati, Kementerian terkait dan semua pihak serta seluruh komponen masyarakat yang telah bahu membahu dan saling mendukung sehingga kegiatan TMMD ke – 98 ini dapat terselenggara sesuai dengan rencana.

Lebih lanjut ia mengatakan, mulai tahun ini program TMMD yang semula diselenggarakan 2 kali setahun akan ditambah menjadi 3 kali setahun. “Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI dalam mebantu akselerasi program pembangunan di wilayah yang sulit terjangkau, dan juga sebagai salah satu upaya untuk menyelestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari pancasila yaitu Gotong Royong,” urainya.

Disamping itu dalam program TMMD tahun 2017 secara Nasional kita telah menyelesaikan sebanyak 357 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia antara lain pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembuatan jalan Makadam, rabat jalan, rehabilitasi jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan.

Selain itu juga dilaksanakan pembangunan infratruktur lainya yang meliputi pembuatan jembatan, pembuatan tanggul, pemasangan gorong-gorong, pembangunan gapura, pembuatan poskamling, pembuatan sarana olahraga, renovasi rumah ibadah, rumah tidak layak huni, pembangunan sekolah, pembangunan sarana sanitasi dan pusat kegiatan masyarakat.

Sementara itu untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan ketahanan Nasional.

I Made berharap semoga dengan telah selesainya program TMMD ini kepada seluruh komponen masyarakat dan para kepala SKPD, Camat beserta unsur muspika, toga, toma agar terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan Rakyat, agar tidak mudahh terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada kesempatan itu, Dandim 1608 Bima Letkol CZI Yudil Hendro yang juga sebagai Dansatgas TMMD ke-98 dalam pengantarnya menyampaikan,  sasaran utana yang telah dilaksanakan selama kegiatan TMMD,  selain dilaksanakan di desa Dadibou Kecamatan Woha kami juga melaksanakan kegaitan di Desa Kanaga dan Desa Darusalam Kecamatan Bolo. Khusus di desa Risa dan Desa Dadibou kecamatan Woha kami telah mengerjakan peningkatan jalan usaha tani sepanjang 1.650 dan lebar 3 Meter dengan hasil Pengerjaan  mencapai 100 persen.

Selain itu di desa Kananga kecamatan Bolo kami juga mengerjakan dan peningkatan Jalan Usaha Tani sepanjang 1.250 M dan Lebar 4 Meter dengan hasil 100% dan di desa Darusalam kecamatan Bolo kami juga melaksanakan pengerjaan peningkatan dan pembuatan talud Jalan Usaha Tani dengan panjang 572 Meter X Tinggi 75 CM X Lebar = 25 CM dengan hasil pengerjaan mencapai 100 persen.

Sedangkan sasaran pegembangan dari hasil kegiatan TMMD dilakukan pengerjaan peningkatan Jalan Usaha Tani yang berada di Dusun Minte, desa darusalam Kecamatan Bolo dengan hasil pengerjaan mencapai 100% sementara itu pada sasaran non fisik dilakukan oleh beberapa dinas / intansi terkait secara bergiliran.

Momentum tersebut dilakukan dengan penandantanganan bersama  prosesi serah terima pengerjaan dari  Dandim 1608 Bima Letkol CZI Yudil Hendro kepada Wakil Bupati Bima Drs. H.Dahlan M.Noer yang disaksikan oleh Kolonel ARM. I Made Karyawan, Wakil ketua DPRD Kabupaten Bima,  serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan peserta upacara. (WR/Hum)