TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu Resmi Dibuka  

737
Pembukaan TMMD ke 104 Tahun 2019 Kodim 1614/Dompu dihadiri Danrem 162 WB Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han.

DOMPU, Warta NTB – Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin membuka secara resmi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 di wilayah Kodim 1614/Dompu. Pembukaan yang berlangsung  di lapangan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Selasa (26/2/2019) bersamaan dengan pembukaan TMMD ke 104 tahun 2019 di seluruh wilayah Indonesia.

Sesuai rencana program TMMD ke 104 di Kodim 1614/Dompu kali ini mengusung tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong-Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional” dengan dua desa sasaran yakni  Desa Lanci Jaya dan Desa Teka Sire, Kecamatan Manggelewa.

Bupati Dompu H. Bambang dalam amanatnya menyampaikan, program TMMD merupakan suatu kegiatan yang harus mendapat dukungan dari semua pihak mengingat membangun bangsa tidak dapat dapat dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi saja, namun perlu sinergitas dan dilakukan secara bersama-sama.

“Solidaritas dan sinergitas TNI dan Polri dalam kegiatan TMMD mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera serta akan mendorong masyarakat untuk ikut aktif dalam setiap kegiatan yang dipelopori oleh TNI AD,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengatakan keharmonisan, kebersamaan dan kemunggalan TNI dengan Rakyat menjadi pilar tegaknya NKRI dan merupakan suatu kekuatan yang dahsyat dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI

Selain itu, lanjut Bupati, TMMD telah mengembalikan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa yang harus dijaga dan dipertahankan karena program TMMD selaras dengan program pemerintah daerah untuk bersama-sama membangun dan mensejahterakan masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Bupati Bima didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han,  para Dandim jajaran Korem dan Forkopimda Dompu sebagai tanda resmi dibukanya TMMD ke 104 tahun 2019 di Kabupaten Dompu.

Seperti dilaporakan  Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto S.IP sebelumnya bahwa dalam kegiatan TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu ada dua desa yang menjadi lokasi sasarn TMMD yakni Desa Lanci Jaya dan Desa Teka Sire dengan sasaran kegiatan pembangunan fisik dan non fisik.

Adap sarana saran fisik yang akan dikerjakan antara  lain di Desa Lanci Jaya yakni pembukaan jalan sepanjang 900 meter dengan lebar 6 meter, pembuatan talut jalan, rehab Musholla Nurul Asyah ukuran 5 x 6 meter, pembukaan jalan ekonomi sepanjang 1500 meter lebar 6 meter, pembangunan Musholla Al Ikhlas dengan ukuran 7 x 8 meter, pembukaan jalan sepanjang 600 meter x 6 meter, pembuatan gorong-gorong dan deker 2 unit, dan pembuatan jembatan 1,5 meter x 6 meter.

Sedangkan di Desa Teka Sire, sambung orang nomor satu di jajaran Kodim tersebut, pembukaan jalan sepanjang 2.500 meter dengan lebar 5 meter, pembuatan gorong-gorong dan deker dan pembuatan jembatan 2 unit dengan ukuran 5 x 6 meter.

Dalam acara pembukaan TMMD, selain dihadiri personel Satgas TMMD, upacara pembukaan juga dihadiri anggota DPR RI Muhammd Syafrudin ST,  Forkopimda Dompu, para Dandim jajaran Korem 162/WB, Muspika Manggalewa, para Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga melibatkan anggota Polres Dompu, Subden Brimob Polda NTB, Satpol PP, Dishub Dompu, FKKPI dan para pelajar SD, SMP dan SMA se Kecamatan Manggalewa. (WR)