TMMD di Desa Ai’ Kangkung, TNI Motivasi Masyarakat Bangun Desa

865

KSB, Warta NTB – Pelaksanaan kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Tahun 2018 di Desa Ai’ Kangkung, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan berakhir dalam beberapa minggu lagi.

“Selama 22 hari sejak TMMD dibuka Bupati Sumbawa Barat, seluruh kegiatan baik fisik dan non fisik sudah hampir mencapai finish,” kata Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arm Sumanto S.Sos.

Menurutnya, seluruh kegiatan fisik seperti pembuatan jalan usaha tani, pentalutan jalan usaha tani, pembuatan Poskamling, rehab musholah, pembuatan pagar Pura dan lainnya secara keseluruhan hampir 90 persen selesai.

Sesuai rencana, tanggal 3 Mei bulan depan penutupan TMMD ke 101 Tahun 2018 ini akan di pusatkan di Kabupaten Sumbawa Barat bertempat di lapangan Pemda KSB, maka jika tidak ada perubahan, sesuai rencana Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD akan bertindak sebagai Irup pada acara penutupan tersebut.

Selain itu, pada hari yang sama Kasad juga akan meresmikan Komando Distrik Militer (Kodim) 1628/Sumbawa Barat yang akan dihadiri para Asisten Kasad, Pangdam IX/Udayana beserta para Asistennya, Danrem 162/WB beserta jajaran dan termasuk dari Pemerintah daerah Provinsi NTB maupun KSB, Polri serta undangan lainnya.

“Mengenai persiapan penutupan maupun peresmian Kodim 1628/Sumbawa Barat sudah direncanakan,di intern maupun bersama Pemerintah Daerah KSB,” ujar Sumanto.

Sumanto berharap sebelum penutupan TMMD, semua kegiatan yang berkaitan dengan TMMD di Ai’ Kangkung dapat terselesaikan dengan baik dan tentunya dengan hasil yang optimal,” pungkasnya.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat setempat Ustazd Umar Fitrah S.Ag mengucapkan terimakasih atas kegiatan TMMD yang mengambil lokasi di desa yang masih terbilang terpencil diselatan Kabupaten Sumbawa Barat.

“Keberadaan TMMD sangat kami rasakan dampak positifnya karena Tentara turun untuk membangun desa tertinggal dengan harapan agar desa tersebut bisa maju dan mengejar ketertinggalannya dari desa yang lain,” ungkapnya.

Ustadz Umar juga menghimbau agar kedepan masyarakat bisa menjaga melestarikan budaya gotong royong,Kebersamaan seperti yang dilaksanakan TNI dan Masyarakat saat menyelesaikan berbagai sasaran fisik sehingga pembangunan di desa dapat berjalan sesuai harapan pemerintah.

“Semoga kegiatan TMMD ini dapat memberikan manfaat bagi kemaslahatan bersama baik di desa Ai’ Kangkung maupun desa-desa didekatnya,” pungkas pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Desa Tongo Sekongkang itu. (WR-02)