Tingkatkan Penyediaan Air Bersih, Pemkab Bima Gelar Sosialisasi Pamsimas

1071
Sosialisasi Program Pamsimas III tahun 2020, Selasa (30/7/2019) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima.

BIMA, Warta NTB – Sebanyak 32 perwakilan dari desa calon penerima (long list) bantuan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) se Kabupaten Bima mengikuti Sosialisasi Program Pamsimas III tahun 2020, Selasa (30/7/2019) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima.

Bupati Bima yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. H.M. Taufik, HAK  M.Si dihadapan peserta yang merupakan  para camat, kepala desa dan ketua BPD dari 11 Desa se Kabupaten Bima mengemukakan pentingnya kegiatan sosialisasi.

“Kegiatan ini ditujukan untuk membangun kemitraan strategis antara para pihak yakni pusat, kabupaten dan desa untuk mendorong akses air bersih di Kabupaten Bima,” katanya.

Kehadiran Pamsimas secara bertahap  diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap  pelayanan air minum dan sanitasi secara berkelanjutan  khususnya  pada daerah yang  rawan kekeringan.

“Di samping itu di saat yang sama dapat memberikan manfaat dalam sisi kolaborasi pemerintah kabupaten dan desa serta meningkatkan partisipasi dan rasa kepemilikan masyarakat terhadap sarana dan prasarana yang akan dibangun bersama,” jelas mantan Kepala Bappeda Kabupaten Bima ini.

Dikatakan H.M Taufik program Pamsimas merupakan sharing dana antara pemerintah pusat dan dengan rasio APBN sebesar 70 persen, APBDes 10 persen dan partisipasi masyarakat 20 persen berupa in cash dan maupun sumberdaya lokal.

Pada sosialisasi tersebut Kepala Bidang Perencanaan Sosial dan Budaya Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima Raani Wahyuni, ST MT M.Sc yang memandu kegiatan memaparkan ke depan keberadaan Pamsimas diharapkan dapat meningkatkan akses jumlah fasilitas air minum dan sanitasi khususnya pada masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan.

“Sosialisasi ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan yang sama di tingkat desa dan pendampingan penyusunan proposal serta pengecekan lapangan untuk memastikan sumber air bersih yang dapat dikembangkan dan dikelola di desa masing-masing,” terang Raani.

Beberapa narasumber yang menyajikan materi pada sosialisasi antara lain Kepala Bappeda dan Litbang, Kepala Dikes, Dinas Perkim,  DPMD dan fasilitator Kabupaten (Faskab) program Pamsimas III. (WR-Man)