Tim New Zealand ke Dompu

869
Dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan sapi ternak modern lebih gemuk dibandingkan sapi ternak tradisional.

Dompu, Wartantb.com – Sekretaris Daerah Prov. NTB, Dr. Ir. Rosyadi M. Sayuti, M.Sc dan Rombongan Massey University Of New Zealand bekerjasama dengan Universitas Mataram, (14/1) melakukan kunjungan ke Kabupaten Dompu.

Kehadiran rombongan disambut oleh Kepala Bappeda dan Litbang Kab. Dompu, Drs. H. Abdul Haris, M.Ap sekaligus mewakili Bupati Dompu.

“Kedatangan tim ini adalah karunia terbesar. Dengan kedatangan tim ini dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh tani ternak yang ada di Kab. Dompu,” ucap Abdul Haris.

Kedatangan tim yang diketuai oleh Prof. Taufik Fauzi ini antara lain bermaksud merubah pola pemiliharaan ternak sapi di Kabupaten Dompu.

Selama ini masih banyak peternak menggunakan cara tradisonal, yakni ternak digembalakan secara lepas. Sistem yang akan diterapkan nantinya lebih modern dengan mengembangkan pakan Lamtoro. Sistem ternak intensif ini aka menghasilkan sapi unggul.

Dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan sapi ternak modern lebih gemuk dibandingkan sapi ternak tradisional.

“Harga sapi akan berbeda jauh dari sapi yang diternak secara tradisional. Sehingga nantinya akan berdampak pada kesejahteraan tani ternak itu sendiri,“ ucap Prof. Taufik.

Selanjutnya tim melakukan survey kelompok tani ternak di wilayah Kecamatan Woja, Manggelewa dan Kempo. (Hum/W-03)