Tidak Pakai APD, Seorang Pekerja Tower di Sumbawa Jatuh dari Ketinggian 20 Meter

611

SUMBAWA BARAT, Warta NTB – Seorang pekerja buruh harian lepas PT XL Axita terjatuh dari tower dengan ketinggian 20 meter pada saat melakukan pemasangan monting tempat perangkat Sinyal di tower XL Axiata dekat Kantor Camat Maluk, Desa Benete Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (26/01/22) sekitar pukul 12.15 wita.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin S.IK,.M.IP melalui Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Eddy Soebandi Adirejo, S.Sos mengatakan, insiden ini dikarenakan ada kelalaian pekerja tanpa mengikuti Standar Presedur Operasional (SOP) yaitu tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Harnes.

“Korban diketahui bernama Soni Hidayat bersama rekan kerjanya bernama Hardiansyah dan Hafitriansyah berasal dari daerah yang sama yakni Sumbawa Besar ” kata Eddy Soebandi.

Eddy menjelaskan, kejadian berawal Hafitriansyah di hubungi melalui via telepon oleh staf PT XL Axiata untuk diberikan proyek pemasangan monting di tower PT XL Axiata, Selasa (25/1/2022) sekitar pukul 21.00 wita.

“Keesokan harinya pada pukul 11.15 wita Hafitriansyah dan Korban di antar oleh Hardiansyah menggunakan Mobil Pick Up di tower XL Axiata. Pada saat tiba di tempat tersebut korban dan Hafitriansyah langsung melakukan pengerjaan pemasangan perangkat monting dengan naik ke atas tower tanpa menggunakan APD,” jelasnya.

Lanjut eddy, sedangkan temannya Hardiansyah menunggu di bawah, setelah itu Hafitriansyah turun lebih dulu untuk istirahat sedangkan Korban masih bekerja di atas tower dengan ketinggian 20 meter untuk melanjutkan pekerjaannya. Tiba-tiba saja Korban terjatuh dari atas tower sehingga teman kerjanya yang lagi istirahat lari melihat dan langsung membawa korban namun kondisi masih dalam keadaan sadar menuju UPTD Puskesmas Maluk.

“Selanjutnya korban dilakukan perawatan awal, untuk kondisi sementara korban tetap sadar dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Assy Syfa Sumbawa Barat untuk dilakukan tindakan medis” tuturnya. (RED)