Terima Sertijab, Bupati Akan Lakukan Evaluasi Perangkat Daerah 6 Bulan Kedepan

419
Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE saat menyampaikan sambutan dalam acara serah terima jabatan Bupati Bima di Aula Sidang Utama, Kantor Bupati, Jumat (5/3/2021).

BIMA, Warta NTB – Serah terima jabatan (Sertijab) dari Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bima, Drs H Taufik HAK, M.Si, kepada Bupati dan Wakil Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Drs. H. Dahlan M Noer dilaksanakan di Aula Sidang Utama, Kantor Bupati, Jumat (5/3/2021).

Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Bima, Periode 2021-2026 ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dihadiri Gubernur NTB diwakili Asisten satu, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, Sertijab ini juga ikut dihadiri Plh Bupati,  Pimpinan DPRD Kabupaten Bima, Ketua TP PKK Kabupaten Bima, Dandim 1608/Bima, Kapolres Kota dan Kabupaten Bima, Ketua Pengadilan, Kejaksaan Tinggi Raba-Bima, sejumlah pejabat lingkup Pemkab Bima dan Camat se Kabupaten Bima.

Pada momen upacara Sertijab tersebut, juga dilakukan penanda tanganan dan serah terima memori jabatan kepada Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima.

Dalam sambutannya Asisten I, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih M.Si mengatakan, tugas Pemerintah Provinsi adalah mengawal pelaksanaan Pilkada yang sudah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 lalu.

‘’Alhamdulillah Kabupaten Bima, cukup kondusif. Tentunya, ini atas dukungan semua pihak. Baik Forkopimda, para Kades, Camat dan perangkat daerah lainnya,’’ ujar Asisten.

Tahapan-tahapan sudah dilalui, terakhir telah dilakukan penetapan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota terpilih yang dipusatkan di Provinsi NTB.

Mohon maaf bagi masyarakat yang hanya mengikutinya secara Virtual. Demikian pula, hingga kini untuk acara Sertijab pun masih ada Kabupaten dan Kota yang melakukannya secara virtual.

‘’Setelah Sertijab dilanjutkan dengan Pidato Kenegaraan Bupati dan Wakil Bupati di hadapan Paripurna Dewan. Setelah itu berakhir sudah rangkaian acara Pilkada. Kemudian mulai melaksanakan tugas selama masa bakti 2021- 2026,’’ lanjut Hj. Baiq Eva.

Pemerintah Provinsi tetap mensupport program-program yang ada di Kabupaten dan Kota di NTB. Saat ini kita tengah dihadapkan dengan bencana alam maupun non alam.

“Semua harus dihadapi dengan kesabaran. Dukungan dan kerjasama semua pihak sangat diharapkan. Agar program yang telah direncanakan pemerintah dapat berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Kepada Tim penggerak PKK, Asisten berharap agar tetap berperan dan berkontribusi besar terhadap keberhasilan program pemerintah. Dari Kabupaten, Kota maupun Propinsi. Kemudian, dapat merangkul semua pihak karena Bupati dan Wakil Bupati sekarang sudah menjadi milik semua orang.

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam sabutannya mengajak segenap elemen masyarakat dan Forkopimda, untuk terus meningkatkan sinergitas. Menyikapi maraknya terjadi bencana alam di tengah situasi pandemi Covid-19.

‘’Segenap Forkompimda agar dapat meningkatkan sinergitas,” ujar Bupati.

Membangun daerah, kata Bupati dibutuhkan kerjasama dan sinergitas. Kata ‘Kerja Keras’ dan ‘Membangun’ itu, tidak hanya menjadi slogan, tapi harus bisa diimplementasikan.

Bupati Wanita Pertama di NTB ini, menyampaikan terima kasih kepada Asisten I Provinsi NTB, Wakil Bupati, Sekda, dan Forkopimda atas kerjasama yang telah terbangun.

Kemudian kepada Camat dan Muspika, untuk lebih sering mengadakan patroli dan siaga terhadap adanya bencana di Kecamatan masing-masing.

Bupati berjanji, selama enam bulan kedepan, akan melakukan evaluasi terhadap seluruh Perangkat Daerah di bawah Pemerintahnya.

“Apakah mereka layak dipromosi, jalan ditempat atau mengalami kemunduran. Semuanya tergantung bagaimana kinerja dan sikap profesionalismenya selama bekerja,’’ tambahnya. (WR-Al)