Tanggap Covid-19, Pemdes Waro Perketat Penjagaan di Pintu Masuk Desa

552
Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 Desa Waro

BIMA, Warta NTB – Berbagai upaya dilakukan pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) agar tidak masuk ke desanya. Salah satunya adalah dengan memperketat penjagaan di pintu masuk desa.

Kepala Desa Waro,  Muhammad Ali, SH mengaku, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak dua pekan lalu dengan melibatkan Tim Relawan Gugus  Tugas Covid-19 tingkat desa yang telah dibentuk.

“Kegiatan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan bagi warga yang masuk atau pengguna kendaraan yang melewati Desa Waro telah dilakukan sejak dua pekan lalu. Kami melibatkan Tim relawan Covid-19  yang telah terbetuk,”  kanya, saat ditemui di Posko Relawan Covid-19 Desa Waro, Rabu (29/4/2020).

Mantan pengacara muda ini juga menjelaskan, proses pemeriksaan dilakukan di Posko Relawan Covid-19 yang ada di cabang Desa Waro yang juga merupaka pintu masuk Desa Waro.

“Pemeriksaan dilakukan di Cabang Desa Waro setelah turunan Wa’i  Kancio, para  relawan Covid  juga dilengkapi dengan alat thermo scanner untuk mengecek dan memeriksa suhu tubuh warga yang melalui jalan tersebut,,” katanya.

Kades muda ini menyebutkan, apabila ada warga yang suhu tubuhnya di atas 36 -37 derajat celcius,  maka relawan Covid   akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 tingkat kecamatan untuk dilakukan tindakan lanjutan.

“Tetapi sejauh ini belum ditemukan ada warga yang melewati  suhu normal. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan suhu tubuh, relawan covid juga memberikan edukasi kepada pengguna jalan agar menggunakan masker saat keluar rumah sehingga dapat mencegah penularan virus corona,” ujarnya.

Dalam pembentukan Relawaan Covid-19, Pemerintah Desa Waro melibatkan beberapa unsur seperti Ketua BPD dan anggota, perangkat desa, kepala dusun, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, bidan desa, pendamping lokal desa, karang taruna, PKK dan beberapa unsur lainnya, sedangkan sebagai mitra adalah Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pendaping desa.

“Itu sesuai pentunjuk surat edaran Menteri Desa PDTT nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggapp Covid-19 dan  Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Mudah-mudah upaya yang dilakukan dapat mencegah penyebaran Covid di desa  dan di  tengah masyarakat saat ini,”  harapnya. (WR-Al)