Tahun 2016, Angka Kemiskinan di Kabupaten Bima Menurun

1181

Bima, wartantb.com – Mengawali penyanpaian Laporan Keterang Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2016 yang disampaikan dihadapan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Rabu (22/3/2017). Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri memaparkan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Bima mengalami penurunan.

Pada kesempatan itu, Bupati Bima mengatakan, implementasi misi Pemerintah Kabupaten Bima dalam penanggulangan kemiskinan yaitu dengan menekan angka kemiskinan melalui program pengentasan kemiskinan. Dimana angka kemiskinan mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Di tahun 2014 sebesar 16,04 persen, menjadi 15,78 persen di tahun 2015 dan tahun 2016 diproyeksi sekitar 15,33 persen atau mengalami penurunan sebesar 0,45 persen.

Bupati menjelaskan, penurunan angka kemiskinan merupakan dampak dari berbagai program pengentasan kemiskinan serta upaya peningkatan kegiatan ekonomi secara umum.

Namun demikian, dalam beberapa tahun ke depan kemiskinan masih merupakan urusan yang serius di Kabupaten Bima, sehingga diperlukan peningkatan efektifitas program penanggulangan kemiskinan baik melalui program berbasis ekonomi, infrastruktur maupun program pemberdayaan masyarakat.

Dikatakan, Indikator lain dalam mengukur keberhasilan membangun kualitas hidup manusia adalah dengan melihat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2015 capaian IPM Kabupaten Bima sebesar 63,48 dan di tahun 2016 diproyeksikan mengalami peningkatan menjadi 64,16.

“Hal ini menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bima terus  bergerak ke arah yang positif, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi,” kata Bupati. (WR/Hum)