Sultan Melvien Sebut TGB Sebagai Tokoh Pemersatu Bangsa

1146
Tuan Guru Bajang (TGB) menurut Sultan Melvien merupakan tokoh pemersatu bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan, keagamaan dan kepemimpinan yang kuat.

Pontianak, Wartantb.com — Dalam Acara silaturahmi Akbar bersama Sultan Pontianak, di Istana Alkadrie Kota Pontianak, Jum’at (17/11/2017), dalam sambutannya, Sultan Pontianak IX, Sri Paduka Maulana Syarif Machmud Melvin Alkadrie, SH sempat menyebut  Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi  sebagai salah satu putra terbaik yang dimiliki bangsa ini.

Tuan Guru Bajang (TGB) menurut Sultan Melvien merupakan  tokoh pemersatu bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan, keagamaan dan kepemimpinan yang kuat. Sehingga, berbekal ilmu, pengalaman dan ketokohan yang dimiliki cucu Pahlawan Nasional Maulana Syaikh, TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majdid tersebut menurut Sultan, layak dan pantas untuk menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan.

Dalam sambutannya saat itu Sultan Melvien juga membawakan sebuah pantun yang indah. “Siapa suka duduk mengaji, banyaklah ilmu dapat dikenang. Waktu yang luas untuk TGH menyampaikan ilmu membuat hati menjadi tenang. Ke hulu membuat pagar jangan terpotong batang durian. Inilah guru tempat belajar, marilah simak dan didengarkan”.

Pantun yang dibawakan tersebut, intinya  Sultan  ingin menegaskan bahwa, “kehadiran tokoh pemersatu bangsa di daerah kita ini, ibarat kunjungan seorang kiyai terhadap santrinya,” ungkap Sultan yang lebih akrab disapa Sultan Melvien.

Ia berharap kehadiran TGB di Kota Khatulistiwa tersebut menjadi energi positif bagi masyarakat Pontianak untuk terus merawat nilai nilai Islam yang Rahmatan Lil’alamiin. “Kami memerlukan dorongan energi persatuan,” harapnya.

Di akhir sambutan, Sultan Melvien kembali membacakan sebuah pantun, yakni “Sungai Kapuas diarungi perahu, banyak pula terdapat ikan. Jika ada kata dan sikap yang keliru, khilaf dan salah,mohonlah dimaafkan,” tutupnya. [WR-01/H]