Sukseskan Pilkada Serentak, Ketua IMM Cab Bima Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

398

BIMA, Warta NTB – Pelaksanaan pencoblosan untuk pemilihan kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2020 sudah semakin dekat, yakni pada Rabu, 9 Desember esok. Sebanyak 270 daerah akan melaksanakannya, termasuk Kabupaten Bima.

Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Bima mengeluarkan imbauan menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Ketua Umum IMM Cabang Bima Dimas Illiyyin Abdillah meminta masyarakat kabupaten Bima untuk berpartisipasi secara aktif dan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani, bertanggung jawab, serta menjauhi semua praktik politik uang.

Selanjutnya beliau juga berharap penyelenggara pemilu di semua tingkatan, termasuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar menunaikan tugas secara profesional, jujur, adil, akuntabel, dan bersih dari segala praktik tercela yang dapat merusak kredibilitas penyelenggaraan dan keabsahan pilkada.

“Semua elemen harus memastikan agar pelaksanaan pilkada berlangsung kondusif dan damai, serta para calon menerima hasil pemilu yang ditetapkan oleh KPU. Jika ada permasalahan agar diselesaikan sesuai hukum dan peraturan serta menghindari segala bentuk kekerasan,” ujar Dimas dalam keterangan persnya, Selasa (8/12/2020).

Dimas juga berharap, pada saat pelaksanaan Pilkada nanti seluruh pihak yang terlibat betul-betul mencerminkan kepatuhan masyarakat pada 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

“Penyelenggara pilkada juga harus memastikan bahwa semua proses dalam tahapan penyelenggaraan dan alat-alat yang dipergunakan aman dari virus corona dan kemungkinan terjadinya klaster pilkada,” katanya.

Terakhir Dimas berharap, pada saat pelaksanaan Pilkada mendatang, semua pihak mulai dari Polri, KPU, dan Satgas Covid-19 bisa bekerja sama menciptakan pemilu yang aman dan bukan cuma aman seperti biasa, tapi juga aman dari Covid-19. (WR-Al)