STQ Ke-28 Tingkat Desa Sakuru Resmi Dibuka

483

BIMA, Warta NTB – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-28 Tingkat Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima resmi dibuka Plt. Camat Monta di Masjid Besar At-taqwa, Senin (8/8/2022) Malam.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepala KUA Kecamatan Monta Sumardan Usman, SH, Kepala Desa Sakuru, Ketua BPD dan Anggota, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Kades Sakuru Soeharto, Spd berpesan dengan pelaksanaan STQ ini agar dimaknai sebagai media dan sarana untuk meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap isi kandungan Al-Quran.

“Pahami serta amalkan isi kandungan Al Quran, dan jangan hanya saat berlangsungnya STQ saja, tapi juga pengajian setiap acara khitanan dan acara lainnya serta hari-hari di rumah harus diterapkan,” kata Kades.

Sebelumnya Tambah Soeharto, telah dilaksanakan pawai taaruf yang dimulai dari Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 4 Monta sampai ke garis finis halaman mesjid besar At-taqwa.

“Pawai tersebut untuk memeriahkan STQ malam ini dan diikuti oleh ratusan peserta dari siswa SMPN 4 Monta dan berbagai unsur dari desa,” jelasnya.

Melalui kegiatan seperti ini Soeharto berharap semoga kampung menjadi berkah.

“Keluarga kita menjadi keluarga yang lindungi oleh Allah SWT, berkat membumikan dan mengamalkan Al Quran,” harap Kades yang suka mengaji ini.

Sementara Plt. Camat Monta Abubakar, S. Sos menyampaikan kegiatan ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa dimana dalam kurun waktu tersebut telah lahir insan Qur’an yang secara estafet meneruskan warisan para pendahulu dalam membumikan alqur’an.

“Sakuru banyak diberkahi SDM qori dan qoriah qur,ani, ini sebuah kenyataan yang harus kita syukuri dengan penuh kesadaran,” ucapnya.

Oleh karena itu sebutnya, STQ diselenggarakan memiliki makna yang strategis, selain syarat dengan sejarah panjang yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal, Sakuru merupakan wilayah islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan islam yang rahmatan lil alamin.

“Untuk itu, saya berharap kita semua dapat merawat dan membumikan spirit islam rahmah dan damai melalui spirt membumikan Al Qur’an berkelanjutan,” tutupnya.

Usai memberikan kata sambutan, Plt. Camat Monta kemudian secara resmi membuka STQ ke-28 tinggkat Desa Sakuru. Acara kemudian dilanjutkan dengan kasida rebana. (RED)