Songsong Pemilu 2019, KPU Kabupaten Bima Gelar Pagelaran Seni dan Budaya

873

Bima, Warta NTB – Dalam menyongsong pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya Bima.

Acara yang dipusatkan di Gedung Serbaguna, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Sabtu (21/4/2018) antusias dihadiri ratusan warga Madapangga dan sekitarnya.

Komisioner KPU Kabupaten Bima Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat Muhammad Waru SH MH mengatakan, paggelaran seni dan budaya dilaksanakan dalam rangka menyongsong pemilihan umum tahun 2019.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mensosilaliasikan kepada masyarakat akan pelaksanaan pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April tahun 2019 mendatang,” katanya.



Selain itu, dalam pagelaran seni dan budaya juga disosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018.

Kepada masyarakat yang hadir, Muhammad Waru menyampaikan tentang syarat menjadi pemilih yaitu harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NKK) dan Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Syarat menjadi pemilih baik dalam Pilgub NTB 2018 maupun Pemilu 2019, seorang pemilih harus melengkapi identitas kependudukan dengan e-KTP, NIK, NKK dan Suket,” terangnya.

Oleh karena itu, Ia menghimbau masyarat agar mulai sekarang segera melengkapi indentitas kependudukan dengan mendatangi kantor desa dan dinas terkait yang menerbitkan e-KTP.

“Mulai sekarang masyarakat bisa mendatangi kantor desa utuk mengambil surat pengantar atau melaporkan ke PPK dan PPS kami utuk membantu memfasilitasi dengan pemerintah desa dan Disdukcapil,” katanya.

Pagelaran seni dan budaya secara resmi dibuka oleh Asisten I Sekda Kabupaten Bima Muhammad Qurban yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 17 kali sebagai tanda pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan tanggal 17 April tahun 2019 mendatang.

Adapun berbagai kesenian dan budaya daerah yang ditampilkan antara lain, tarian tradisional Bima, Mpa’a Gantao (Pencak Silat), Biola, Gambus dan berbagai kesenian lain yang berhasil dikemas oleh panitia kegiatan.

Acara ini juga disemarakan dengan penampilan puisi kebangsaan dan theater sadar pemilu yang bawakan oleh siswa siswi SMAN 1 Madapangga. Selain itu, panitia juga membagikan Door Prize kepada para tamu undagang dan penonton dengan hadiah utama TV LCD 14 Inch dan hadiah-hadiah nenarik lainya. (WR-02)