Soal Tes Calon Perwira SIP Polda NTB Dibuat di Mabes Polri

2585
Kepala Biro SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti S.Ik

Mataram, Warta NTB – Sebagai langkah untuk mencetak calon perwira polisi yang berkualitas di Sekolah Inspektur Perwira (SIP) Polda NTB, maka soal dan kunci jawaban untuk peserta tes didatangkan khusus dari pusat Mabes Polri.

Kepala Biro SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti S.Ik menjelaskan, soal untuk tes Psikologi dan Akademis untuk peserta dibuat dan didatangkan dari Mabes Polri dan Polda NTB hanya melaksanakan saja.

“Kita tidak tahu soalnya seperti apa maupun jawabannya seperti apa, semua itu dari Mabes,”ungkap Karo SDM Polda NTB, Kamis (1/2/2018) di Mataram.

Sedangkan untuk memastikan tidak adanya kecurangan dalan tes, maka soal dan kunci jawaban para peserta dikunci menggunakan pasword. “Setelah test berakhir, panitia penerimaan mengirimkan hasil jawaban peserta test via email ke Mabes Polri. Setelah dikonfirmasi, pasword kunci jawaban dikirimkan dan dicocokan dengan jawaban peserta test,” tegasnya.

Sementara tahapan saat ini, para calon Perwira Polri di Polda NTB telah selesai menempuh test Psikologis di Aula Stikes Yarsi Mataram. Karo SDM mengklaim, hasil yang telah diumumkan panitia adalah murni dari kemampuan para peserta.

“Semua ini disaksikan dengan transparan, ini merupakan hasil dari pribadi masing-masing, bukan dari bantuan atau bocoran, kelulusan ini murni,” tambahnya.

Peserta yang memnuhi syarat saat ini ada 116 orang peserta, terdiri dari enam orang SIPSus, satu orang talenscoting dari Presiden RI Jokowidodo dan 109 orang peserta Reguler.

Secara tegas Karo SDM menuturkan, untuk para peserta tes jangan sekali-kali menempuh jalur singkat untuk lolos menjadi Perwira Polri. “Sesuai STR dari ASSDM, kali ini peserta yang berupaya untuk meminta sponsorsip dari pimpinan atau pejabat tertentu, untuk meloloskan dirinya, akan didiskualifikasi,” tandasnya. (WR-02)