SMAN 2 Woha Bekali Siswa Tentang Bahaya Penyakit Inveksi Menular Seksual, HIV dan AIDS

602

BIMA, Warta NTB – Guna mencegah bahaya penyakit Inveksi Menular Seksual (IMS), human immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) dikalangan pelajar, Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) 2 Woha, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima mengggelar sosialisasi, Jum,at (24/2/2023).

Narasumber kegiatan tersebut langsung dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Woha dr. Dewi Puspaningsih melalui Sidrap, Spp.

Kepala sekolah SMAN 2 Woha Muhammad Ali, SE usai kegiatan mengatakan, pada kegiatan Sabtu budaya minggu ini SMAN 2 Woha dengan Puskesmas Woha menggelar sosialisasi tentang bahaya penyakit menular.

“Penyakit IMS, HIV dan AIDS masih awam bagi kalangan pelajar, maka mereka harus tahu sejak dini bahaya penyakit tersebut,” ucapnya.

Pria yang biasa disapa Ompu Monta ini menjelaskan, penularan penyakit berbahaya ini tak terlepas dari merebaknya gaya hidup seks bebas dan penggunaan narkoba suntik di kalangan generasi muda.

Untuk itu, pencegahan bisa melalui upaya menghindari hubungan seksual diluar nikah, menjauhi narkotika serta pastikan steril dalam penggunaan jarum suntik, sterilkan donor darah dan memahami penularan penyakit.

Saat ini SMAN 2 Woha telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan penyakit tersebut, salah satunya melalui sosialisasi dan program sinergitas dengan semua pihak.

“Pencegahan IMS, HIV dan AIDS dibutuhkan komitmen dan dukungan secara bersinergi dari berbagai kalangan,” tutupnya. (RED)