SMAN 1 Woha Siap Terima Siswa Baru dengan Sistem Zonasi

320

BIMA, Warta NTB – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Woha sudah siap memulai proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021.

Dalam pelaksanaannya, PPDB tingkat sekolah menengah atas mengacu pada Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang PPDB. Sementara mengacu pada Permendikbud tersebut terdapat empat jalur penerimaan yang dapat ditempuh oleh calon peserta didik untuk mendaftar yaitu jalur Prestasi, Perpindahan, Afirmasi dan Zonasi.

Kepala SMAN 1 Woha Muhammad Nur S.Pd saat ditemui wartawan di ruang kerjanya Jumat lalu mengatakan, empat jalur tersebut dapat ditempuh oleh para peserta didik baru untuk mendaftar.

Sementara terkait sistem Zonasi, mantan kepala SMN 1 Monta ini mengaku akan menghargai sistem zonasi yang telah ditentukan.

Terkait Zonasi untuk SMAN 1 Woha tambah dia, yakni mencakup beberapa desa yang ada di Kecamatan Woha yakni Desa Rabakodo, Tente, Nisa, Naru, Talabiu, Pebapali, Waduwani, Tenga dan tambah zonasi Irisan Desa Samili dan Padolo.

“Untuk SMA di 18 kecamatan kabupaten Bima, kami sudah sepakat seluruh sekolah dan itu sudah disetujui oleh KCD tinggal kita usulkan dan jadwalnya sudah di tetapkan oleh pemerintah,” terangnya.

Ditambahkannya, meski telah disepakati sistem zonasi, tetapi tidak tertutuo kemungkinan bagi anak yang prestasi boleh masuk di SMAN 1 Woha semasih berada di satu wilayah kabupaten tinggal sistem yang mengatur.

“Sistem zonasi ini ditujukan untuk mendorong peran komunitas dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga masyarakat memiliki rasa memiliki terhadap penyelenggaraan pendidikan,” jelasnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekola (MKKS) Kabupaten Bima ini, menyebutkan, sistem zonasi ini bertujuan agar sekolah dapat menerima para calon siswa yang berdomisili pada zonasi sekolahnya berdasarkan domisili yang tertera pada data kartu keluarga.

Bagi peserta didik baru yang sudah pegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) disarankan mendaftar melalui jalur afirmasi dan siswa berprestasi mendaftar melalui jalur prestasi. Sehingga yang masuk zonasi bisa dipakai oleh temannya yang akan mendaftar melalui jalur zonasi. (WR-Al)