SMAN 1 Woha Laksanakan Kegiatan Survey Lingkungan Belajar

344

BIMA, Warta NTB – SMAN 1 Woha Kecamatan Woha Kabupaten Bima menggelar kegiatan Survey Lingkungan Belajar yang diikuti seluruh guru yang terdaftar di Dapodik di aula sekolah setempat, Selasa (28/9/2021)

Kepala Sekolah SMAN 1 Woha Hairul Juhdy, S.Pd yang di konfirmasi wartawan mengatakan kegiatan survei lingkungan belajar ini adalah perubahan mendasar pada Asesmen Nasional dan tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, melainkan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan tiga aspek berupa input, proses, dan hasil.

“Ketiga aspek yang diujikan, yakni, Asesmen Kompetensi Minimum, yaitu mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif, sementara Survei Karakter, mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif,” jelasnya.

Lebih lanjut Hairul menjelaskan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran baik itu siswa ataupun guru sehingga pendidikan lebih maju

“Untuk itu kami berharap, dengan dilaksanakannya asesmen nasional ini, nantinya bisa lebih memajukan lagi pendidikan di SMAN 1 Woha,” harap kepala sekolah yanh baru menjabat ini. (WR-Al)