Serap Aspirasi Masyarakat, Pemdes dan BPD Naru Gelar Musdes RKPDes Tahun 2021

232
Kepala Desa Naru Usman AB dan Ketua BPD Ruslin, S.Pd memimpin kegiatan Musdes RKPDes yang digelar di aula kantor desa, Rabu (24/2/2021).

BIMA, Warta NTB – Guna menyerap aspirasi masyarakat dalam pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021, Pemerintah Desa bersama BPD Desa Naru Kecamatan Woha Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Desa (Musdes)

Musdes RKPDes yang digelar di aula kantor desa setempat, Rabu (24/2/2021) dipimpin langsung Kepala Desa Usman AB dam Ketua BPD Ruslin, S.Pd. Turut hadir Sekretaris Desa Alamsyah, anggota BPD, Kadus, Ketua RT/RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Trantibum, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda desa setempat.

Kades Naru Usman AB usai kegiatan menyampaikan, Musdes pembahasan RKPDes adalah kegiatan rutin tahunan yang digelar BPD dan pemerintah desa tujuannya adalah untuk menyerap dan menggali aspirasi masyarakat.

“Tujuan dari Musdes ini adalah untuk menyerap dan menggali aspirasi masyarakat sesuai kebutuhan di wilayah dusun dan lingkungan masing-masing dan disesuaikan dengan Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada,” katanya saat ditemui usai pertemuan.

Selain itu tambah Kades, musyawarah RKPDes merupakan perwujudan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang merupakan hasil dari aspirasi masyarakat yang direncanakan melalui musyawarah dusun sehingga ditetapkan mana program yang harus diprioritaskan dalam satu tahun.

Dalam musyawarah ini ada beberapa program yang diprioritaskan antara lain program padat karya yakni Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk warga miskin dan terdampak ekonomi akibat virus corona atau Covid-19.

“Selain itu ada juga program pemberdayaan dan pembangunan seperti pengadaan bibit kambing, pengadaan listrik gratis, dan penimbunan lapangan sepak bola mini Desa Naru dan ada juga beberapa program lainnya,” ungkap Kades. (WR-Fad)