Serah Terima Jabatan Ketua PN Dompu Berjalan Lancar

1060

Mataram, Wartantb.com – Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Amiryat, SH, MH didampingi anggota Encep Yuliadi, SH, MH dan I Gusti Lanang, SH, MH memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan serta serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Dompu dari Djuyamto, SH kepada Toniwidjaya Hansabert Hilly, SH di ruang sidang Pengadilan Tinggi Negeri Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/2/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Dompu yang diwakilkan Asisten I Setda Dompu, Ketua DPRD Dompu, Sekretaris Po. PP Dompu, serta pejabat Pengadilan Tinggi Negeri NTB, Ketua Pengadilan Negeri se-Propinsi NTB, Unsur TNI/Polri, Darmayuki Karini NTB, Hakim, dan seluruh keluarga Besar Pengadilan Negeri Dompu.

Saat menyampaikan sambutannya, H. Amiryat, SH, MH mengatakan, pengambilan sumpah jabatan dapat diresapi dan diamalkan untuk diimplementasikan dengan tugas yang baik dan benar serta profesional, lebih-lebih tidak melakukan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Jangan pernah meyalahkan gunakan jabatan yang dipukul dan pegang teguh kode etik Pedoman Prilaku Hakim (PPH) dan melaksanakan profesi dengan profesional yang tinggi,” ungkapnya.

Terkait profesionalitas kerja, diharapkannya untuk memperhatikan hal yang berkaitan dengan surat-menyurat, salah satunya menyangkut penyampaian surat permohonan banding dan penahanan.

“Ini harus dicermati dengan baik,” katanya.

Diingatkan juga untuk terus meningkatkan kedisiplinan pegawai dan staf di seluruh jajaran pengadilan negeri.

“Pimpinan harus mampu melakukan pembinaan dan pengawasan tugas terhadap seluruh anggota dan pejabat pengadilan,” ujarnya.

Disampaikan juga pesan agar pimpinan harus memilih personil yang mampu bekerja dengan baik dan benar secara profesional.

“Pimpinan juga harus bisa memberikan contoh nyata yang baik dan kreatif,” sarannya.

Diakhir sambutannya, Amiryat menyampaikan selamat kepada pejabat yang baru di PN Dompu dan semoga terus melakukan pembenahan serta penataan administrasi yang baik, benar dan akuntabel.

“Terutama saya tekankan, kondisi gedung kantor PN Dompu untuk ditingkatkan dan diperhatikan mulai dari yang kecil sampai yang besar dengan cermat dan teliti, sehingga terlihat indah dan bersih, karena hal tersebut menentukan performance pengadilan negeri di masyarakat serta akan membuat nyaman pejabat dan staf saat bekerja,” ingatnya.

Kepada Djuyamto, SH disampaikannya terima kasih atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Dompu dan mudah-mudahan di tempat tugas yang baru di Bekasi senantiasa mendapatkan bimbingan dan ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

“Berkat hasil kerja yang baik di PN Dompu, telah mengantarkannya mendapatkan promosi jabatan ke Pengadilan Negeri Kelas 1 (satu) Bekasi. Selamat dan semoga karirnya semakin baik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PN Dompu Toniwidjaya Hansabert Hilly, SH melalui pakta integritasnya menyampaikan, bahwa tidak akan melakukan praktek KKN dengan tujuan memperkaya diri sendiri atau orang lain dan kelompok tertentu dengan jabatan yang diembannya yang dapat merugikan keuangan negara.

“Saya akan menjalankan tugas dengan transparan dan akuntabel untuk mendorong peningkatan kinerja dan keharmonisan pribadi baik di dalam maupun di luar lingkungan pengadilan sesuai kode etik dan pedoman perilaku hakim yang bila dilanggar saya siap dikenakan sangsi,” ungkapnya. (R-Hum)