Sekda Lobar Canangkan Kampung Lele di Lingsar

758

Giri Menang, Warta NTB – Dusun Pondok Buak Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar Lombok Barat (Lobar) dicanangkan Sekretaris Daerah Lombok Barat H. Moh. Taufiq mewakili Pjs Bupati Lombok Barat sebagai Kampung Lele.

Pencanangan yang digelar, Jum’at (11/5/2018) juga dihadiri Direktur Bank NTB Cabang Gerung Lalu Purnawan, Kepala Bappeda Lobar H. Baihaqi, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, serta tokoh masyarakat setempat.

Di kampung lele ini, puluhan ribu bibit lele dibudidayakan di lahan seluas 20 are. Selain nilai ekonomis, pencanangan kampung lele ini juga diharapkan dapat menjadi obyek wisata lele pertama di Lobar yang dapat terus berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Taufiq berharap agar kampung lele dapat terus berkelanjutan dan dikembangkan. “Jangan setelah pencanangan terus bubar,” ujar Taufiq.



Selain dukungan Pemkab Lobar, secara optimal juga dibantu perbankan melalui dana KUR Bank NTB. Untuk sektor pertanian dan perikanan dengan suku bunga 7 persen.

Untuk itu, Taufiq berharap pada Bank NTB agar terus memberikan dukungan modal untuk para petani khususnya di bidang perikanan melalui dana KUR.

“Di tahun 2017 saja Bank NTB menyalurkan dana KUR dengan target 8 milliar untuk sektor satu dan dua, artinya di bidang pertanian dan perikanan dengan realisasi 8.462.750.000, atau capaiannya 105,78 persen. Sedangkan di tahun 2018 dana KUR kembali disalurkan lebih besar lagi untuk mendukung ekonomi masyarakat untuk kedua sektor itu bidang pertanian dan perikanan,” jelas Drs. Sinardi Direksi Bidang pemasaran Bank NTB.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi tempat budidaya ikan lele yang ada di kelompok Perikanan Sehati Dusun Pondok Buak Desa Batu Kumbung Lingsar. (WR)